Harga Daging Ayam di Sumenep Melonjak

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 05 Jun 2023 13:51 WIB

Harga Daging Ayam di Sumenep Melonjak

i

Foto ilustrasi. Foto: Kemendag.

SURABAYAPAGI.COM, Sumenep - Harga daging ayam broiler di pasar tradisional Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melonjak naik pada awal pekan ini. Biasanya harga daging ayam ini stabil di harga Rp38 ribu per kilogram (kg) namun naik menjadi Rp40 ribu per kg pada pekan ini.

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Sumenep, Noer Lisal Anbiyah menjelaskan bahwa naiknya harga ayam ini dipengaruhi oleh melejitnya harga pakan ternak.

“Informasi dari peternak ayam potong, saat ini harga pakan ayam baik jagung maupun konsentrat naik. Jadi mau tidak mau harga jual ayam juga dinaikkan,” kata Noer, Senin (5/6/2023).

Sedangkan untuk harga daging ayam kampung dan daging sapi tetap stabil. Harga daging ayam kampung dipatok sebesar Rp90 ribu per kg, dan daging sapi Rp120 ribu per kg.

Selain itu, kenaikan harga juga terjadi pada komoditas bawang putih. Harga bawang putih pada pekan lalu berada di angka Rp32 ribu per kg kemudian pada pekan ini naik menjadi Rp34 ribu per kg. Di sisi lain, harga bawang merah justru mengalami penurunan harga. Pekan lalu, harga bawang merah mencapai  Rp38 ribu per kg namun kini turun menjadi Rp35 ribu per kg.

Noer mengatakan bahwa perubahan harga bawang dipengaruhi oleh stok yang ada,

“Kalau fkuktuasi harga bawang ini lebih disebabkan karena stok. Untuk bawang putih belum masuk masa panen, sehingga stoknya terbatas,” ungkapnya.

Sementara untuk harga beras kualitas premium bertahan stabil di angka Rp13 ribu per kg. Demikian pula, harga minyak goreng kemasan 2 liter tetap stabil Rp40 ribu per kg dan minyak goreng curah Rp16 ribu per kg.

“Harga gula pasir juga stabil Rp13.500 per kg,” ucapnya.

Ia menyebut bahwa Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Sumenep melakukan pemantauan harga sembako secara rutin di Pasar Anom baru sebagai pasar induk, dan Pasar Bangkal sebagai pembanding. smn

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU