HDKD 2021, Menkumham Tegaskan Peningkatan Layanan Publik

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 01 Okt 2021 17:06 WIB

HDKD 2021, Menkumham Tegaskan Peningkatan Layanan Publik

i

Menkumham Yasonna Laoly saat menyampaikan sambutan dalam gelaran HDKD 2021/ foto: Biro Humas Kemenkumham

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menegaskan agar seluruh jajaran Kemenkumham mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat.

Tantangan yang diberikan tersebut, disampaikannya dalam gelaran Hari Dharma Karyadhika (HDKD) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang diperingati pada bulan Oktober setiap tahunnya.

Baca Juga: Kantor Pelayanan Sepi di Jam Masuk Kerja, Perangkat Desa Sedati Agung Kompak Telat?

"Tunjukkan eksistensi Kemenkumham di bidang pelayanan publik sehingga dapat meningkatkan citra positif Kemenkumham di masyarakat yang semakin PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif)," kata Yasonna saat zoom meeting bersama seluruh jajaran Kemenkumham, Jumat (01/10/2021).

Adapun peningkatan layanan publik yang dimaksud adalah meliputi kebijakan perencanaan, pengorganisasian, penganggaran, pengawasan melekat, serta monitoring dan evaluasi dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tak hanya itu, Yasonna juga meminta pegawai Kemenkumham untuk dapat membuat keputusan yang tepat dan akurat. Keputusan yang diambil, katanya, harus merujuk pada peraturan perundang-undangan dan menjunjung tinggi norma/etika sebagai Aparatur Sipil Negara, serta mempertimbangkan norma/martabat masyarakat.

"Tujuan kita adalah dari waktu ke waktu semakin baik dalam hal profesional, akuntabel, sinergi, transparan, dan inovatif. Kita lihat dan evaluasi sehingga mempertahankan yang  baik dan meningkatkannya sehingga semakin baik," ucapnya.

Baca Juga: Kemenkumham Jatim Borong Delapan Penghargaan Dalam Refleksi Akhir Tahun 2023

Selain peningkatan layanan publik, Yasonna juga mengajak insan pengayoman agar aktif melibatkan diri dalam penanganan Covid-19.

"Turut mengedukasi masyarakat untuk selalu disiplin melaksanakan protokol kesehatan, mendukung program vaksinasi, serta aktif berkoordinasi dengan jajaran TNI, Polri, Satgas COVID-19, Kementerian/Lembaga, dan Pemerintah Daerah," ucapnya.

Menanggapi akan tantangan tersebut, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak yang berada di bawah jajaran kantor wilayah Kemenkumham Jatim, melalui Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (Kasi Tikim) I Gede Semara Jaya, S.H., M.H menyampaikan, pihaknya sejak lama telah menerapkan sejumlah inovasi unggulan dalam bidang pelayanan publik.

Baca Juga: Pertama di Industri Semen, Produksi White Clay di SIG Raih Hak Paten dari Kemenkumham

Setidaknya terdapat 10 inovasi unggulan yang telah diciptakan Imigrasi Perak dalam optimalisasi layanan publik. 

"Sejumlah inovasi telah dilakukan oleh Kanim Tanjung Perak dalam meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat. Semua layanan kita lakukan berbasis online. Dan dalam peringatan HDKD ini, Kanim Tanjung Perak melalui program Eazy Paspor mempermudah masyarakat untuk memperoleh pelayanan paspor secara kolektif," kata I Gede Semara Jaya kepada Surabaya Pagi. 

Diharapkan dengan adanya inovasi-inovasi tersebut, tahun 2021 ini Kanim Tanjung Perak mampu meraih zona integritas wilayah bebas bersih melayani (WBBM) dari Kemenpan-RB. sem

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU