Ingin Mendapatkan Pekerjaan, 4 Modal Ini Yang Harus Dimiliki Mahasiswa

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 14 Okt 2021 16:10 WIB

Ingin Mendapatkan Pekerjaan, 4 Modal Ini Yang Harus Dimiliki Mahasiswa

i

Bupati saat menjadi narasumber dalam PBKKMB Universitas Islam Lamongan. SP/MUHAJIRIN KASRUN 

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Ada empat modal bagi mahasiswa yang ingin mendapat pekerjaan dengan mudah. Mahasiswa harus menjadi pribadi yang berkarakter, respek dalam kehidupan sosial, kemampuan akademik, dan memiliki kompetensi yang disyaratkan dalam dunia pekerjaan.

Hal itu disampaikan oleh bupati Yuhronur Efendi saat menjadi pembicara pada Kuliah Umum Pengenalan Budaya Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PBKKMB) Universitas Islam Lamongan (UNISLA) Kamis, (14/10/2021).

Baca Juga: Kupatan Tanjung Kodok, Lestarikan Tradisi dan Promosi Wisata Lamongan

Disebutkan olehnya, bekal empat modal itu sangat memudahkan langkah mahasiswa dalam meniti karir dalam pekerjaaan. Sehingga ketika mahasiswa hal itu sudah mulai bisa dilakukan untuk mencari empat modal itu.

Keempat modal dan kiat sukses dengan mudah mencari pekerjaan itu ia jabarkan satu persatu. 

Pertama, mahasiswa harus memiliki pribadi berkarakter yang diimbangi dengan iman dan taqwa, pengendalian diri serta jiwa optimisme. 

Baca Juga: Hari Pertama Masuk, Layanan Publik Lamongan Mulai Beroperasi

Modal kedua, mahasiswa dituntut untuk respek dalam kehidupan sosial. Ketiga, kemampuan akademik, mahasiswa harus menggunakan kesempatan belajarnya untuk memperluas wawasan. Serta keempat, dengan segala pengetahuan serta pengalamannya semasa kuliah, mahasiswa mampu sukses dalam karir, karena telah memiliki kompetensi yang dipersyaratkan dalam dunia pekerjaan.

Selain itu kata bupati, mahasiswa juga harus memiliki daya saing, mahasiswa harus mampu menjadi agen of change atau agen perubahan serta mampu menjaga nilai-nilai moral , control social bahkan menjadi penerus bangsa yang menjunjung tinggi nilai integritas, kejujuran, gotong royong untuk diaplikasikan dalam visi setiap insan mahasiswa.

“Mahasiswa harus mampu menjadi agen of change, kenapa? Karena masa depan Lamongan, bangsa Indonesia bahkan dunia ada ditangan generasi muda. Ya adik-adik ini yang nantinya akan menggantikan saya jika sudah selesai. Untuk itu tidak hanya mempersiapkan ke dunia kerja saja, namun mempersiapkan menjadi penerus bangsa,” katanya.

Baca Juga: Atasan dan Bawahan Ini Saling Berhadapan, "Partai" ASN Akhirnya Terbelah

Namun demikian itu, semua tergantung diri sendiri, mau sukses atau tidak dalam meniti karier ini. "Yang terpenting dari semua itu adalah keinginan kita , hati kita yakin akan sukses. Sehingga apa yang kamu inginkan, apa yang kamu pikirkan itulah yang akan kamu lakukan, apa yang kamu lakukan itulah yang akan kamu dapatkan, teruslah optimis dalam memperoleh sesuatu,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, bupati  menyampaikan meskipun Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Lamongan masuk pada kategori tinggi dengan angka yang mencapai 72,58 yang lebih tinggi dari IPM Provinsi Jawa Timur bahkan Nasional, Pemerintah Kabupaten Lamongan terus mengupayakan akselerasi peningkatan kualitas layanan pendidikan melalui program beasiswa.

“Meski IPM Lamongan termasuk kategori tinggi, kita masih memiliki tantangan besar di dunia pendidikan agar anak-anak di Lamongan tuntas 12 tahun sekolah. Untuk mewujudkannya, beasiswa terus digelontorkan, bahkan mulai tahun 2022 telah disiapkan anggaran sebesar Rp. 5 miliar untuk beasiswa sampai dengan jenjang strata 2 dan hafidz qur’an,” pungkasnya. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU