Intip Sederet Alasan Mengapa Anda Wajib Konsumsi Buah dan Sayur

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 23 Nov 2022 09:45 WIB

Intip Sederet Alasan Mengapa Anda Wajib Konsumsi Buah dan Sayur

Sudah bukan rahasia bahwa buah dan sayur dapat memberikan banyak manfaat Kesehatan untuk tubuh. Sayur dan buah-buahan dapat membantu anda menjaga Kesehatan dan kebugaran, bahkan bisa menangkal penyakit. Tetapi ternyata ada satu hal yang tak bisa dilakukan oleh buah dan sayur.

Penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi buah dan sayuran dari Homefresh Indonesia tidak bisa membantu seseorang untuk menurunkan berat badan. Mengkonsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayuran tidak bisa menurunkan lebih banyak lemak. Tetapi itu hanyalah satu hal yang tidak bisa dilakukan oleh buah dan sayuran untuk tubuh anda.

Masih ada banyak sekali manfaat yang dapat diberikan oleh sayur dan buah untuk tubuh. Berikut adalah beberapa hal yang dapat diberikan oleh sayur dan buah sekaligus alasan mengapa anda harus lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayuran.

Alasan Wajib Konsumsi Sayur dan Buah

Berdasarkan salah satu penelitian di Oxford Academic, sayur dan buah termasuk ke dalam makanan yang dianggap sehat secara universal. Berikut ini beberapa alasan mengapa anda harus konsumsi sayur dan buah:

1.          Bermanfaat bagi Keberagaman Microbiome

Tahukah anda bahwa tubuh manusia tidak hanya terdiri dari sel-sel namun juga dihuni oleh sekumpulan mikroorganisme yang dikenal sebagai microbiome? Microbiome terdiri dari virus, bakteri, jamur, archaea dan sebagainya, yang ada dalam jumlah tertentu dan bermanfaat bagi Kesehatan tubuh secara keseluruhan. Semakin bervariasi sebuah microbiome, maka semakin baik juga untuk tubuh karena keanekaragaman micriobiome bisa mencegah pathogen datang.

Bagaimana bisa sayur dan buah membuat microbiome menjadi lebih beragam? Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa asupan makanan menjadi penentu terbesar komposisi spesies dan keluaran fungsional dari mikroorganisme pada tubuh manusia, khususnya di usus.

Semakin banyak jenis sayur dan buah yang dikonsumsi maka semakin menentukan jenis mikroorganisme yang bisa melakukan proses perkembangbiakan, koloni dan bahkan hilang. Ada beberapa kandungan dalam sayur dan buah yang sangat menentukan hidup mikroorganisme yaitu bisa memperkaya spesies mikroba tertentu dan meningkatkan keberagaman micriobiome. Kandungan tersebut adalah serat, polifenol dan oligosakarida.

2.          Makanan yang Mudah Dikonsumsi

Sayur dan grosir buah sangat mudah dikonsumsi karena dapat langsung dimakan tanpa harus dimasak atau diolah. Ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi anda yang memiliki jadwal dan rutinitas yang padat. Jadi, apakah masih ada alasan anda tidak mengkonsumsi sayur dan buah?

3.          Makanan Rendah Kalori dan Lemak

Mayoritas sayur dan buah rendah lemak dan kalori jadi anda bisa mengkonsumsinya dalam jumlah banyak dan merasa kenyang tanpa merasa khawatir berat badan akan naik akibat lemak dan kalori yang berlebihan. Hanya sedikit sayur dan buah yang mengandung kalori dan lemak tinggi, antara lain alpukat, kelapa dan zaitun. Jadi, buah itu cocok untuk anda yang ingin meningkatkan berat badan.

4.          Mengandung Banyak Serat

Serat dibutuhkan oleh tubuh, antara lain untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah obesitas, menurunkan berat badan, menjaga kadar gula dalam darah, menurunkan resiko kanker dan usus besar serta menurunkan kadar kolesterol. Anda bisa memenuhi kebutuhan serat dengan mengkonsumsi buah dan sayur.

Ini beberapa sayur yang mengandung serat tinggi antara lain wortel, ubi jalar, brokoli, kubis brussel, asparagus, kembang kol, bayam dan kale. Sedangkan buah yang mengandung serat tinggi antara lain belimbing, naga, papaya, mangga, alpukat, jambu , nanas, pir hijau dan pisang.

5.          Mengandung Banyak Vitamin dan Mineral

Tidak hanya serat, tubuh juga membutuhkan banyak vitamin dan mineral untuk menjaga Kesehatan anda. Vitamin dan mineral akan membuat lancar proses metabolism tubuh dan memperkuat fungsi organ tubuh.

 

6.          Bisa Mencegah Berbagai Penyakit

Buah dan sayur harus dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar dan tidak terserang penyakit. Jika kebutuhan akan vitamin dan mineral terpenuhi, maka proses metabolism dan produksi kekebalan tubuh akan selalu prima. Dengan kondisi tubuh yang prima, tubuh siap melawan berbagai pathogen penyebab penyakit yang menyerang tubuh.

Contoh kandungan dalam sayur dan buah adalah fitokimia, yaitu zat aktif biologis yang bisa membantu melindungi dari beberapa penyakit seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, jantung, stroke dan kanker. Konsumsi sayur dan buah juga kemungkinan dapat menunda penyakit yang berhubungan dengan usia.

7.          Bisa Mengobati Penyakit

Jika anda terserang penyakit, anda akan disarankan oleh dokter untuk banyak mengkonsumsi sayur dan buah karena sayur-sayuran dan buah adalah obat alami yang bisa menyembuhkan penyakit anda. Hampir semua sayur dan buah memiliki manfaat pengobatan penyakit karena terkandung bahan yang bisa membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit, khususnya yang banyak mengandung vitamin C. Beberapa sayur dan buah yang tinggi akan kandungan vitamin C adalah bayam, kale, jambu biji, brokoli, stroberi, dan kiwi.

8.          Tidak Mengandung Bahan Berbahaya untuk Tubuh

Biasanya, sayur dan buah tidak mengandung bahan berbahaya karena kandungan sayur dan buah terdiri dari vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin, mineral, potassium, folat, karotenoid, beta karoten, vitamin K, isoflavone. Sayur dan buah juga mengandung lemak jenuh, gula dan garam yang rendah.

Tetapi yang harus diingat adalah apapun yang berlebihan selalu tidak baik. Terlepas dari banyaknya manfaat yang dimiliki oleh sayur dan buah, penting untuk memperhatikan jumlah asupan normal dan seimbang yang masuk ke dalam tubuh.

9.          Mudah Didapatkan

Beruntung anda tinggal di Indonesia yang punya tanaman penghasil sayur dan buah yang beragam jenis dan kandungannya. Hasil buah dan sayur tersebut bisa dengan mudah didapatkan dimana saja, baik di desa atau di kota, di pasar tradisional ataupun supermarket dan bahkan di toko online.

FAQ

Apa manfaat mengkonsumsi sayuran bagi kesehatan tubuh?

-Sayuran sudah tidak diragukan lagi merupakan sumber serat yang oke banget. Serat baik bagi kesehatan jantung, usus dan bisa mengurangi risiko diabetes. Toppers bisa pilih sayur mana saja yang sesuai dengan selera Toppers, karena hampir semua sayuran memiliki serat.

Mengapa sayur dan buah baik untuk organ pernapasan?

Buah dan sayur juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan radikal bebas dari polusi dan memperbaiki jaringan paru-paru. Penelitian pada manfaat baik buah dan sayur terhadap sistem pernapasan, terutama paru-paru dilakukan pada 120 pasien yang mengalami penyakit paru-paru kronis.   

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU