Home / Hukum dan Kriminal : Catatan Jurnalistik (5-Habis)

Irjen Teddy, Apa Tergolong Bergaya Hidup Hedon

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 20 Okt 2022 20:47 WIB

Irjen Teddy, Apa Tergolong Bergaya Hidup Hedon

i

Raditya Mohammer Khadaffi

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Presiden Jokowi telah memberikan sejumlah arahan kepada jajaran kepolisian Indonesiq di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (14/10/2022).

Presiden Jokowi, selain mengapresiasi kerja keras Polri dalam menangani COVID-19 yang hasilnya sangat signifikan. Jokowi juga mengkritisi sejumlah hal, di antaranya soal gaya hidup mewah pejabat di Polri.

Baca Juga: Sengketa Pilpres 2024 Berakhir dengan Dissenting Opinion

Jokowi berpesan agar seluruh anggota Polri bisa mengerem gaya hidup mewah.

"Saya ingatkan masalah gaya hidup, lifestyle, jangan sampai dalam situasi yang sulit ada letupan-letupan sosial karena adanya kecemburuan sosial ekonomi, kecemburuan sosial ekonomi, hati hati. Saya ingatkan yang namanya Kapolres Kapolda yang namanya seluruh pejabat utama, perwira tinggi ngerem total, masalah gaya hidup, jangan gagah gagahan karena merasa punya mobil bagus atau motor gede yang bagus. Hati-hati. Saya ingatkan hati-hati," ujar Jokowi, kowi seperti dilihat di YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (15/10/2022).

 

***

 

Irjen Teddy Minahasa, yang kini menambah nestapa institusi Polri, dikenal berhobi naik moge. Mereknya bukan sekedar sepeda motor besar, tapi Harley Davidson, buatan Amerika Serikat.

Hobi adalah hak setiap orang.

Setiap orang memiliki hobi dan kegemaran masing-masing.

Praktiknya, jika seseorang sudah menyukai suatu hobi, maka mereka pun tidak akan sungkan untuk merogoh kocek cukup dalam demi memperoleh sesuatu yang diinginkan.

Salah satu hobi yang cukup menguras kantong namun banyak diminati masyarakat adalah berkendaraan Motor Gede (Moge). Sampai kini tercatat moge masuk dalam kategori barang mewah yang bernilai cukup mahal.

Meski mahal, kenyataannya tak menyurutkan minat masyarakat untuk memiliki moge. Bahkan kalangan artis pun banyak yang menyukai moge karena mampu memberikan kesan Macho pada saat menggunakannya. Termasuk beberapa anggota Polri berpangkat Perwira Tinggi.

Konon menunggangi Harley Davidson memang bisa menaikkan kelas sosial. Bentuknya yang besar serta desain body yang gagah dan sangar, membuat siapapun yang menunggangi moge ini merasa bangga dan percaya diri.

Penggemar Harley Davidson telah membentuk komunitas penyuka Harley Davidson. Penggemar ini juga sering touring bareng serta menggelar berbagai kegiatan sosial.

Irjen Teddy Minahasa, Kapolda Sumatera Barat yang baru ditunjuk jadi Kapolda Jatim ( kini dianulir) terbilang sebagai polisi yang kaya raya. Laporan resminya ia berharta Rp 29 miliar. Mantan Kapolda Sumbar ini juga mengaku keluarkan dana Rp 2 miliar dari koceknya sendiri. Teddy ngaku dana ini untuk menangkap penyelundupan 20 ton sabu. Benarkah? Ini mesti dibuktikan secara hukum oleh Teddy. Apa masih ada pejabat yang mau keluarkan uang pribadi untuk operasional kantornya?

Hal nyata di publik, Teddy juga punya hobi kelas atas, yakni ikut klub motor gede Harley Davidson.

Berdasarkan data LHKPN, Irjen Teddy Minahasa diketahui memiliki satu unit sepeda motor Harley-Davidson tahun 2014 senilai 650 juta.

Teddy saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) periode 2021-2026.

Sebagian masyarakat sampai ada yang mengenal Teddy, sebagai pria yang gemar otomotif terutama motor gede (moge).

Apakah gaya hidup Teddy seperti ini yang disorot Presiden Jokowi, agar anggota polisi jangan bernewah mewahan atau hedon?

Saat menjabat sebagai Ketua Umum Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) Teddy membuat laporan LHKPN, hanya memiliki satu unit H-D produksi 2014.

Dalam LHKPN tidak dijelaskan detail model moge Teddy. Ditulis nilai kendaraannya ditaksir Rp 650 juta.

Tapi dalam salah satu unggahan yang beredar, Teddy juga pernah mengunggah foto menggunakan H-D Road Glide CVO 2019. Nomenklatur CVO ini cukup spesial. Moge yang punya singkatan dari Custom Vehicle Operations (CVO).

Data spesifikasinya, Harley-Davidson Road Glide ini memiliki dimensi panjang 2.460 mm, jarak sumbu roda 1, lebar 625 mm, dan tinggi joknya 680 mm.203.

Motor ini memiliki posisi berkendara yang santai dengan pengaturan setang yang tinggi dipadukan dengan jok yang rendah.

Menurut seorang penggemar moge asal Amerika Serikat di Surabaga, moge Road Glide masuk dalam keluarga touring Harley-Davidson.

Motor punya dimensi bongsor, yakni panjang 2.460 mm, jarak sumbu roda 1.625 mm, dengan tinggi jok 680 mm.

Motor ini dibuat untuk kenyamanan berkendara jarak jauh . Karenanya, HD yang dibekali mesin Milwaukee-Eight 117 berkapasitas 1.923 cc disebut moge mewah. Jantung moge ini mampu menghasilkan "torsi badak" mencapai 166 Nm.

Mengutip situs Harley-Davidson, harga Road Glide Special dibanderol nyaris Rp 1 miliar tepatnya Rp 950 jutaan. Sedangkan untuk harga bekasnya tergantung tahun tapi berkisar Rp 500-Rp 650 jutaan.

Baca Juga: Peran Shin Tae Yong Bangun Team Work

Tak hanya itu, Teddy juga dikenal sebagai seorang kelokter ratusan keris zaman kerajaan.

Lulusan Akpol 1993 ini mengaku mengoleksi keris agar generasi ke depan tidak belajar tentang keris pada bangsa lain maupun belajar sejarah dari buku yang diproduksi orang asing.

Katanya, jumlah keris koleksinya saat ini ada sekitar 300-an.

Setiap keris miliknya memiliki nama dan gelar. Dia pun punya satu keras yang jadi ageman (pegangan) yang dibawanya.

“Yang favourite di Jakarta. Ada ageman,” kata Teddy.

Dalam video di Youtube Emil Akbar, Irjen Teddy juga mengaku suka mengoleksi barang antik atau vintage. Artinya, Teddy bukan hanya koleksi moge dan keris saja, namun juga benda-benda antik lain, termasuk adalah ranjang yang terbuat dari kayu ukiran. Seperti yang dia simpan di salah satu rumah dia di Taman Ria Suropati, Pasuruan.

 

***

 

Saat ini terdapat Harley Davidson Sportster tahun 1957, Road King Police, dua unit Harley Davidson WLA Tahun 1946-1957.

Pelawak Denny Cagur juga termasuk deretan artis pecinta motor gede Harley Davidson. Ia pernah mengunggah di sosial media miliknya, memiliki unit moge yang unik dan nyentrik yaitu Harley Davidson tipe CVO Breakout lansiran tahun 2013-2014.

HD ini dibekali mesin V Twin dengan kapasitas tenaga 1968 cc dan torsi maksimal 158Nm membuat suara yang dihasilkan menggelegar.

Juga orang yang diduga terlibat korupsi di PT Asuransi Jiwasraya hobi moge. Dia mantan Direktur Utama Jiwasraya Hendrisman Rahim.

Eks Dirut di perusahaan asuransi milik negara tersebut diam-diam mengkoleksi beberapa kendaraan, salah satunya motor besar asal Amerika Serikat, Harley-Davidson.

Termasuk Rohim, ada di komunitas MedDocs and Friends yang beranggotakan para dokter.

Baca Juga: Anggota Polsek Sawahan Cabuli Anak Tiri Sudah Ditahan di Polres Tanjung Perak

Komunitas ini juga pernah menyelenggarakan acara Touring Nasional.

Bahkan aktor Gading Marten juga menyalurkan hobinya di sela-sela kesibukannya.

Gadeng sama seperti Teddy melakukan koleksi dan mengendarai motor gede alias moge. Moge ini digunakan berkeliling bersama komunitas motornya.

Sebagai kolektor Harley Davidsonn Sportster 48, Gading memberi sentuhan modifikasi. Gading melakukan modifikasi dengan menggunakan konsep full black. Ini membuat tampilan motor menjadi lebih sangar, di tambah dengan sentuhan cat ‘Destroy’ pada tangki motornya.

Juga vokalis Band Noah memiliki ketertarikan yang besar terhadap dunia otomotif. Mantan kekasih Sophia Latjuba itu juga hobi menunggangi moge. Dalam satu kesempatan, Ariel terlihat menunggangi BMW R Nine dengan sangat gagah.

Berapa harga sepeda motor buatan Harley Davidson yang disingkat dengan kata “HD”. ?

Mengingat moge asal Amerika Serikat yang sangat mendunia ini harganya sangat mahal.

Saat ini di Indonesia, harganya bisa mencapai miliran rupiah. Walaupun begitu, motor ini tetap diminati dan menjadi pilihan utama pecinta otomotif tanah air.

Harga motor Harley Davidson dari sekitar Rp. 588 Jutaan sampai Rp. 1,5 miliar.

Seperti harga, Harley Davidson Sportster Roadster memiliki mesin Evolution yang berpendingin udara dengan kapasitas 1.202cc. Mesin tersebut diklaim mampu memuntahkan torsi sebesar 96 Nm pada 4.000 rpm. Agar terlihat semakin keren, Harley Davidson melengkapinya dengan knalpot ganda yang dioptimalkan sistem pembakaran Injeksi. Sedangkan untuk bobotnya mencapai 250 kg, sehingga terasa cukup berat saat diajak bermanuver melewati padatnya perkotaan.

Harga yang sangat fantastis dan membuat HD menjadi salah satu motor Harley Davidson termahal di Indonesia. Di balik mahalnya harga tersebut, motor ini menawarkan desain Bobber yang terkesan sangat klasik. Mesin yang dimilikinya juga sangat bertenaga dan memiliki respons throttle yang begit mengagumkan.

Bagi yang suka touring atau berkendara jarak jauh, maka Harley Davidson CVO Street Glide adalah pilihan paling tepat. Ingin tahu harga motor Harley Davdison ini?. Harganya melebihi Rp. 1.4 Miliar (Off The Road), sehingga hanya kalangan konglomerat saja yang bisa membelinya.

Juga Motor Harley Davidson CVO Limited

yang dikenal motor Harley Davidson termahal di Indonesia. Harga Motor Harley Davidson ini melebihi 1.6 Miliar Rupiah (off the road) dan memiliki desain grand touring yang menawarkan kenyamana paling tinggi saat berkendara. Luar biasa hobi Irjen Teddy. Apakah ia termasuk hedon yang disoal Presiden Jokowi? Anda bisa menilai sendiri. ([email protected])

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU