Home / Hukum dan Kriminal : Kapolresta Malang Kota:

Istri Wahyu Kenzo Bisa Tersangka, Asal...

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 14 Mar 2023 20:49 WIB

Istri Wahyu Kenzo Bisa Tersangka, Asal...

Wahyu Kenzo Jual Dua Mobil Supercar Sebelum Ditangkap

 

Baca Juga: Polda Jatim: Angka Laka Lantas Turun 43 Persen

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Anggie Maulidia alias Anggie Jesey, Istri tersangka penipuan robot trading Dinar Wahyu Saptian Dyfrig alias Wahyu Kenzo, Crazy Rich Surabaya, akhirnya diperiksa tim penyidik di Mapolresta Malang Kota, Selasa (14/3/2023). Hanya saja, pemeriksaan Anggie sangat singkat. Datang pagi, pulang sebelum bedug dhuhur.

Dari pantauan kontributor Surabaya Pagi di Mapolresta Malang Kota, kedatangan istri Wahyu Kenzo tak terdeteksi sejumlah wartawan yang sudah menunggu di pintu depan. Tiba-tiba, sekitar pukul 11: 36 WIB, Anggie justru sudah keluar dari ruang penyidikan dan langsung terbirit-birit meninggalkan Mapolresta Malang Kota.

Anggie yang mengenakan pakaian serba hitam, dan bermasker hitam, didampingi seseorang perempuan memakai batik. Sejumlah wartawan yang sudah menunggu sejak pagi, tidak mengetahui Anggie masuk. "Mlebu teko endi iku (masuk lewat mana itu Anggie). Kok gak ketok jebule, moro-moro wis metu (Gak keliatan masuknya, tiba-tiba sudah keluar saja)," celetuk salah satu wartawan.

Sedangkan, Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Bhudi Hermanto, menjelaskan, Anggie saat ini diperiksa masih sebagai saksi, dan nanti akan ada pendalaman lebih lanjut. Terutama, soal sejauh mana pengetahuan Anggie soal robot trading dan aliran dana yang dikelola suaminya itu.

“Pemanggilan terhadap istri tersangka berkaitan dengan peran serta, seperti apa. Apakah menikmati hasil atau tidak,” kata Bhudi di Mapolresta Malang, Selasa (14/3/2023).

Apabila dari hasil pemeriksaan terbukti terlibat, maka bukan tidak mungkin Anggie akan menyusul sang suami jadi tersangka. Seperti sebelumnya, RE, yang awalnya diperiksa sebagai saksi, statusnya naik jadi tersangka, setelah pendalaman bahwa ada keterlibatan. RE sendiri merupakan marketing robot trading Auto Trade Gold (ATG) dan juga dikenal sebagai tangan kanan Wahyu Kenzo.

 

Kelicikan Wahyu Kenzo Terkuak

Selain itu, Bhudi membeberkan kelicikan Wahyu Kenzo untuk menutupi beberapa asetnya, sebelum ia ditangkap. Hal ini terkuak setelah tim penyidik melakukan penggeledahan di rumah Wahyu Kenzo, di Malang.

Salah satunya menjual dua unit mobil supercar milik Wahyu Kenzo sebelum ditangkap kepolisian.  Dalam penggeladahan, kata dia, polisi menemukan nota pembelian dua unit supercar yang sampai saat ini belum diketahui keberadaan aset tersebut.

"Pada saat penggeledahan rumah yang bersangkutan (Wahyu Kenzo), kami menemukan nota pembelian satu unit mobil mewah McLaren dan satu unit Ferrari," kata Bhudi.

 

Jual Supercar Sebelum Ditangkap

Temuan itu kemudian dikonfrontir penyidik. Lalu berdasarkan keterangan tersangka, dua supercar yang pernah dibeli itu telah dijual kembali kepada orang lain. Kini, lanjut Bhudi, pihaknya sedang mencari pembeli kendaraan tersebut. Yang bersangkutan akan dimintai keterangan.

Baca Juga: Polda Jatim Tetapkan 3 Selebgram Sebagai Tersangka Kasus Investasi Bodong

"Berdasarkan keterangan tersangka, bahwa Supercar sudah dijual. Kami juga akan melakukan pemanggilan pada siapa pembeli supercar tersebut," ungkapnya.

Selain itu, polisi juga menemukan beberapa nota pembelian aset-aset lain yang sampai saat ini juga sedang dalam proses penelusuran .

 

Pengepul Dana Member

Sementara, selain istri Wahyu Kenzo, Anggie Jesey, polisi juga sedang membidik seorang perempuan yang namanya dibuatkan rekening sebagai tempat pengepul dana member ATG. Ia adalah Desi Swasti.

"Desi ini pemilik rekening yang digunakan untuk menerima aliran dana dari para member. Setelah itu, awal 2022 rekening itu sudah di-close, kita juga sudah menerima keterangan bank, kenapa rekening ini di-close," jelas Bhudi.

Kombes Bhudi akan menyampaikan setiap tahapan penanganan kasus ini agar diketahui masyarakat luas. Sehingga masyarakat semakin terbuka dan tidak menjadi korban penipuan serupa, dengan pola-pola seperti ATG ini.

"Kita harus membangunkan orang-orang yang tertidur pulas dalam khayalan tingkat tinggi, harus kita bangunkan," terangnya.

Baca Juga: Gadis Penipu Tiket Konser Coldplay Rp 5,1 M, Dihukum 3 Tahun

 

Uang Diputarkan

Wahyu Kenzo diduga melakukan penipuan lewat robot trading ATG yang dikelola perusahaannya, PT Pansaky Berdikari Bersama. Wahyu diduga meraup untung Rp9 triliun dari hasil kejahatannya itu.

Wahyu telah mengakui kepada penyidik, kalau memutar uang yang masuk dari para member investornya. Mereka memainkan nilai nominal yang bisa dibayarkan atau ditarik oleh para member investor.

"Tersangka sudah mengakui bahwa dia mendapatkan profit sekian banyak dari uang yang ditanamkan masyarakat ini, uang ini yang diputar-putarkan," tegasnya.

Perputaran itu dapat dilihat dalam timeline dengan segala indikasi, termasuk gagal penarikan (WD) oleh para member dengan alasan error.

"Yang jelas setelah withdraw (WD) mulai tidak dibayarkan sekitar 1 tahun ke belakang, dari awal 2022 sampai sekarang," terangnya. mal/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU