Jacksen F. Tiago Sebut Piala Dunia U-17 di Indonesia Bikin Orang Brasil Kagum

19 November 2023 : 18:53:54

Sesi konferensi pers bersama Jacksen F. Tiago yang digelar di informasi center FIFA World Cup U-17 di Surabaya.

SURABAYAPAGI, Surabaya - Sebagai tuan rumah perhelatan Piala Dunia U-17, Indonesia menjadi sorotan internasional.
 
Tidak sedikit warga dunia, kagum maupun terkesan atas turnamen yang digelar di empat lokasi yang dilaksanakan mulai 10 November hingga 2 Desember 2023 mendatang. Terlebih, terkait fasilitas stadion yang mumpuni telah disiapkan jauh-jauh hari. 
 
Mantan pelatih Timnas Indonesia, Jacksen F. Tiago, turut menyorot pesta olahraga dunia itu.
 
"Saya bisa menjadi saksi akhirnya Indonesia mampu membawa Piala Dunia ke negara ini, meskipun U-17. Ini harus disyukuri," kata Jacksen, saat bertandang di media center FIFA World Cup U-17 di Surabaya, Sabtu, (18/11/2023)
 
Meski sudah malang melintang di dunia sepak bola Indonesia dan menikahi perempuan asli Surabaya, ternyata ia masih mengantongi kewarganegaraan Brasil.
 
Ia pun menceritakan bahwa, rekan-rekannya yang ada di Brasil mengaku kagum atas Indonesia yang dirasa berhasil menjadi tuan rumah.
 
"Kawan-kawan di Brasil hampir setiap hari kirim WA, kagum dengan stadion dan bangsa Indonesia bisa menggelar Piala Dunia dengan begitu luar biasa," jelasnya.
 
Seperti yang diketahui, Jacksen sendiri datang dari Brasil ke Indonesia memulai karirnya sebagai pemain. Namun, semakin berjalannya waktu ia pun didapuk sebagai pelatih.
 
Ia memang termasuk salah satu sosok yang bergelimang prestasi. Bahkan pada 2013, ia berkesempatan melatih Timnas Indonesia meski berjalan singkat.
 
Masih pada kesempatan yang sama, Jacksen juga memberikan pujian dan harapan untuk sepak bola Indonesia khususnya dalam pembinaan dan pelatihan usia dini.
 
“Kita harus memberi pujian kepada seluruh pelaku sepak yang terlibat mulai dari pemain, media, suporter, dan pemerintah Indonesia yang melakukan gerakan luar biasa," terang ayah dari pesepakbola muda Hugo Samir tersebut.
 
"Dengan piala dunia ini, anak-anak usia 5, 6, 7 tahun saya yakin akan punya cita-cita mewakili bangsa Indonesia lewat sepak bola," sambungnya.
 
Selain itu, menurutnya Piala Dunia U-17 yang diselenggarakan di Indonesia ini  menjadi momen penting sekaligus inspirasi bagi banyak anak-anak Indonesia. Pengalaman berharga pemain diharapkan bisa menjadi modal berhagra untuk bersaing di level internasional.
 
"Sebenarnya sungguh luar biasa, harapan kita semua main di kandang, kita harus tahu ini bukan sepak bola Asia, ini level tertinggi di usia mereka. Mereka (Timnas Indonesia U-17) menghadapi negara yang jelas lebih maju. Asa Timnas Indonesia U-17 bermain di Piala Dunia akan memberikan dampak kepada generasi berikutnya. Kemajuan yang terjadi di Indonesia sungguh luar biasa," paparnya. 
 
Karena itu, Jacksen menyebut tak seharusnya orang Indonesia sibuk melakukan kritik. Entah itu tentang shuttel bus, tentang warna rumput JIS. 
 
"Indonesia ini baru pertama kali jadi tuan rumah Piala Dunia. Seharusnya orang Indonesia berpikir positif. Jangan sibuk mengkritik. Ini itu sesuatu yang luar biasa bagi Indonesia," tandasnya.Ain





Berita Terkait