Jokowi Resmikan Proyek Smelter PT Freeport di Gresik

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 12 Okt 2021 13:17 WIB

Jokowi Resmikan Proyek Smelter PT Freeport di Gresik

i

Presiden Joko Widodo saat meresmikan proyek pabrik smelter di kawasan ekonomi khusus, JIIPE, Manyar, Gresik.SP/GRS

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Presiden Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di kawasan ekonomi khusus (KEK) Gresik, Selasa (12/10).

Menurut Jokowi, smelter yang akan dibangun ini merupakan yang terbesar di dunia.

Baca Juga: Jokowi Uber China Rampungkan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

"Tadi kita mendapatkan laporan bahwa smelter yang akan dibangun ini dengan desain single line, terbesar di dunia karena mampu mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, pembangunan smelter di dalam negeri bertujuan untuk memperkuat hilirisasi industri, khususnya sektor tembaga.

Ia menuturkan, cadangan tembaga yang dimiliki Indonesia sangat besar. Bahkan, Indonesia masuk sebagai 7 negara dengan cadangan tembaga terbesar.

Potensi yang sangat besar itu, kata Jokowi, seharusnya bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat dengan menciptakan nilai tambah yang setinggi-tingginya bagi ekonomi negeri.

Baca Juga: Apple akan Bangun Akademi Developer di Surabaya

"Jangan sampai kita memiliki tambang, kita memiliki konsentrat, tetapi semelternya, hilirisasinya, ada di negara lain seperti tadi disampaikan Pak Menteri ada di Spanyol, ada di Jepang. Nilai tambahnya berarti yang menikmati mereka," ujarnya.

Jokowi mengungkapkan, pada masa konstruksi saja smelter PT Freeport Indonesia diperkirakan akan menyerap 40.000 tenaga kerja. Jumlah ini diyakini akan terus bertambah jika smelter sudah beroperasi.

Selain menciptakan lebih banyak lapangan kerja, hilirisasi industri diyakni dapat meningkatkan pendapatan negara.

Baca Juga: Mengapa Gibran dan Bapaknya Diusik Terus

"Agar komoditas kita lebih tinggi nilainya, tidak kirim mentahan, tidak kirim dalam bentuk raw material. Memberikan nilai tambah bagi negara artinya akan memberikan income yang lebih tinggi pada negara," ucap Jokowi.

Jokowi pun berharap kehadiran smelter PT Freeport Indonesia akan menjadi daya tarik bagi industri-industri lain, khususnya industri turunan tembaga, untuk berinvestasi di KEK Gresik.

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU