Jokowi-Paloh Jaga Rahasia

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 29 Jan 2023 19:52 WIB

Jokowi-Paloh Jaga Rahasia

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo dan Surya Paloh, sama-sama menjaga rahasia soal pertemuan di Istana Negara, Jakarta, pada Kamis (26/1/2023) lalu.

Jokowi menyebut apa yang dibahas dengan Ketua Umum NasDem itu biasa-biasa saja.

Baca Juga: Perbedaan Jokowi dan Muhaimin, Peringati Hari Kartini

"Biasa-biasa saja," ujar Jokowi saat ditemui di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (29/1/2023).

Saat ditanya lebih lanjut perihal pokok pembahasannya, Jokowi berseloroh awak media terlalu ingin tahu. "Mau tahu saja," ucapnya sambil berlalu.

 

Temu Kangen Kakak-adik

Sebelumnya, Ketua DPP NasDem Sugeng Suparwoto mengatakan pertemuan antara Surya Paloh dan Jokowi merupakan agenda temu kangen seperti hubungan saudara kakak dan adik.

Baca Juga: Jokowi Uber China Rampungkan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

"Ini dua tokoh yang kangen-kangenan. Ekspresi yang nampak--kebetulan saya pertanyakan kepada Pak Surya--bagai Kakak Adik," ujar Sugeng kepada wartawan di pendopo rumah Anies Baswedan, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat (27/1).

Menurutnya, kedua tokoh tersebut kurang lebih tak berkomunikasi langsung selama sekitar tiga bulan. Sehingga pertemuan itu, sambungnya, adalah jalinan silaturahmi untuk membangun kebersamaan.

"Kurang lebih jam dua [sore], itu Pak Surya itu bertemu dengan presiden di istana. Meski tidak etis menggali-gali apa isi pertemuan dan sebagainya, tapi saya menduga bahwa ini adalah cara membangun kebersamaan," tuturnya.

Baca Juga: Apple akan Bangun Akademi Developer di Surabaya

Sepanjang pengetahuan dirinya dua tokoh itu  membicarakan soal kondisi bangsa Indonesia. Namun, apa isi dari pertemuan yang berlangsung di istana pada Kamis petang lalu, dia mengaku tak tahu lebih dalam.

"Sekali lagi, saya tidak mengorek lebih jauh. Ini biarkan menjadi hal yang harus kita hormati. Bahwa saya yakin dibahas gitu loh. Saya yakin, itu interpretasi saya," tambahnya.

Sampai kini praktis, pertemuan Presiden Jokowi dan Ketum Partai NasDem Surya Paloh di Istana Negara masih misteri. Jokowi tak membuka seutuhnya isi pertemuan dirinya dengan Surya Paloh. Juga Ketua DPP NasDem Sugeng Suparwoto. n erc/jk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU