Kearsipan di OPD Lamongan Mulai Tertib

02 Desember 2021 : 16:06:29

Bupati menyerahkan penghargaan kepada Sekwan DPRD yang berhasil mengelola kearsipan dengan baik. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Ketertiban kearsipan di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lamongan mulai tertib. Bahkan sangking tertibnya urusan dokumen kearsipan ini, Lamongan terbaik ke tiga di Jawa Timur, meski awalnya sebelum penataan menduduki peringkat ke 35 dari 38 Kabupaten Kota.

Lompatan dan peningkatan yang cukup pesat ini, untuk terus dipertahankan bahkan harus ditingkatkan, oleh karena itu prestasi ini seyogyanya harus dijadikan motivasi dan semangat untuk bekerja. "Ini merupakan peningkatan yang cukup pesat dan patut diapresiasi, terus dan terus berkarya penghargaan ini sebagai pelecut semangat untuk bekerja," kata bupati Yuhronur Efendi saat menghadiri Awarding Audit Kearsipan Internal di Aula Pertemuan Gajah Mada Pemkab Lamongan, Kamis (2/12/2021).

Disebutkan olehnya, ia dalam kesempatan itu mengapresiasi setinggi-tingginya untuk capaian prestasi OPD Lamongan, baik di tingkat regional maupun nasional. Tentu lanjutnya ini menjadi motivasi dan semangat bagi  semuanya. "Saya berkeinginan ketika kita memperoleh penghargaan-penghargaan, maka yang kita harus lakukan adalah kinerja dan output yang memang sesuai dan pantas. Bahwa penghargaan ini memang benar dan layak kita peroleh,” kata Bupati Yes.

Bupati  juga mengajak seluruh OPD dan Camat di Kabupaten Lamongan untuk memiliki sense untuk berprestasi dan berkinerja sebaik mungkin, sehingga slogan dan cita-cita Lamongan untuk mencapai kejayaan dapat terwujud.

Menurutnya tertib arsip juga perlu terus ditingkatkan karena dengan pengelolaan arsip yang benar, perlindungan kepentingan negara dan hak keperdataan rakyat, keselamatan dan keamanan aset negara dapat terjaga. Selain itu juga, arsip yang dikelola dengan baik juga akan mampu berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Dilakukannya awarding kearsipan internal di Kabupaten Lamongan ini tentu harapannya nantinya akan memiliki dampak yang besar, sehingga Lamongan ini memiliki ketersediaan arsip yang terpercaya, yang otentik, dan handal. Dengan demikian kepentingan negara, hak keperdataan rakyat, keselamatan dan keamanan aset daerah ini dapat tersimpan dan terjaga dengan baik,” ujarnya.

Diungkapkan Kepala Dinas Kearsipan Lamongan, Gunadi, bahwa dari audit yang dilakukan pada 68 OPD di Kabupaten Lamongan ini ditemukan peningkatan tertib arsip dari tahun 2020 sampai 2021. “Di tahun 2021 ini tertib arsip OPD mengalami kenaikan jika sebelumnya di tahun 2020 tak satupun OPD berkategori baik di tahun 2021 menjadi sebanyak 31,7% sedangkan untuk kategori cukup yang sebelumnya 12,19% menjadi 43,9% di tahun 2021,” ungkapnya.

 

Pada kesempatan tersebut, Bupati Yes juga memberikan penghargaan kepada 3 OPD dan 3 kecamatan terbaik dalam audit kearsipan internal Lamongan. Tiga OPD yang memperoleh penghargaan yakni Sekretariat DPRD Lamongan, Dinas Perpustakaan Daerah, dan Dinas Pemuda dan Olahraga. Selain itu, tiga kecamatan yang berhasil memperoleh awarding audit kearsipan internal yakni Kecamatan Lamongan, Ngimbang, dan Karanggeneng. jir





Berita Terkait