Keindahan Pantai Pangi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 03 Okt 2021 20:19 WIB

Keindahan Pantai Pangi

i

Keindahan panorama pasir putih dengan ombak di laut Pantai Pangi Kabupaten Blitar Jawa Timur sangat cocok dikunjungi untuk menikmati wisata pantai berkelas internasional. Foto : SP/Riko Abdiono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Untuk menuju pantai Pangi, wisatawan tidak terlalu membutuhkan waktu yang lama dari Kota Blitar. Di Kota yang terkenal dengan makam Proklamator Kemerdekaan Indonesia, Ir Soekarno itulah, petualangan alam Kabupaten Blitar bisa dimulai. 

Jarak antara pusat Kota Blitar menuju ke sejumlah wisata Pantai tak terlalu jauh. Hanya sekitar 30 km dan membutuhkan waktu 45 menit hingga 1 Jam saja, dimana setiap jengkal perjalanan akan terhampar pemandangan lahan pertanian dan bukit hijau yang cukup memanjakan mata. Ada banyak penujuk jalan ketika sudah memasuki wilayah selatan Kabupaten Blitar. Cari saja papan penunjuk menuju Pantai Pangi yang sudah disediakan pemerintah maupun penduduk sekitar lokasi. 

Baca Juga: Ratusan Warga Rela Antre untuk Beli Beras Murah

Infrastruktur menuju pantai Pangi juga sudah sangat bagus dan mulus. Telah dibangun jalan beton yang cukup dilewati dua mobil sampai ke bibir pantai. Bahkan saat ini sedang berjalan pembangunan Jalur lintas selatan (JLS) dari Desa Serang menuju Tambak Rejo. “Jalan menjuju pantai ini dibangun pemerintah tahun 2020 lalu, termasuk fasilitas jembatan, kamar mandi serta musola di bibir pantai,” terang Arifin penduduk yang tinggal di Area wisata Pantai Pangi, saat ditemui Minggu (26/9/2021) lalu. Secara administratif Pantai Pangi terletak di Dusun Krajan, Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar Jawa Timur. “Nanti kalau JLS sudah selesai, akses menuju pantai-pantai di Blitar selatan ini lebih mudah,” imbuhnya. 

Begitu sampai di lokasi pantai, bayangan sebagai pantai yang masih gress terlihat jelas. Tidak begitu banyak pengunjungnya. Bahkan tiket masuk pun tidak ada. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir kendaraan saja. Benar-benar seperti pantai-pantai di pulau Bali. 

Baca Juga: Misteri Ledakan 3 Kali di Blitar, Bukan dari Warung yang Terbakar di Serut

Pertama memandang garis pasir putih yang membentang di Pantai Pangi, mata kita langsung dimanjakan pasir putih dan jernihnya deburan ombak dari air laut yang berwarna biru segar itu. Berbentuk cekungan yang cukup panjang dan batu karang di sisi kanan kirinya, membuat pikiran kita seakan sedang berada di Surga dunia. 

Sebagai pantai yang berada daerah selatan jawa, tempat ini memiliki karakteristik yang sama dengan pantai lain di jalur selatan yaitu ombaknya yang besar. Namun karena bentuknya yang sedikit cekung dan diapit karang di kanan kiri, pantai yang bersih ini bisa digunakan bermain air dan berenang. Tapi siapapun yang berenang tidak dianjurkan terlalu jauh dari tepi pantai dan harus tetap waspada.

Baca Juga: PT KAI Mohon Maaf atas Kelambatan Perjalanan Kereta Api yang Melintas di Daop 7

Bagi anda pencinta kegiatan camping, Pantai Pangi juga bisa dijadikan pilihan. Di pantai ini terdapat area datar yang cukup luas untuk anda bersama rombongan mendirikan tenda, khususnya di kerimbunan pohon pinus. 

Untuk kuliner, jangan ditanya lagi. Penduduk setempat sudah membuka beberapa warung kecil yang hanya selangkah dari bibir pantai. Aneka makanan laut serta minuman dari kelapa muda tersedia lengkap. Mulai dari ikan Tuna bakar, hingga lobster bisa langsung dibeli untuk dilahap sembari menikmati terpaan semilir angin laut yang sejuk. “Tak disangka Blitar punya pantai sebagus ini, lautnya biru pasirnya putih dan ombaknya tak begitu besar, sungguh ini lebih bagus daripada Pantai Dreamland di Uluwatu Bali,” ujar Dian Arni, pengunjung asal Surabaya saat ditemui bersama anak-anaknya di Pantai Pangi. rko

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU