Kesehatan Mental Terganggu

06 Mei 2021 : 21:32:35

Chelsea Islan

 

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Chelsea Islan memutuskan untuk beristirahat dari dunia hiburan sejak pandemi Covid-19 setahun lalu. Chelsea mengungkapkan bahwa dunia hiburan membuatnya cukup tertekan. Apa lagi, ia mengawali karier dengan usia yang masih sangat muda.

“Kita harus berani berbicara apalagi pastinya pas awal-awal masuk industri ini, pressure-nya berat banget, kok rasanya beban berat banget,” ungkap Chelsea Islan, Kamis (6/5/2021).

Setelah setahun tak menjalani syuting, Chelsea akhirnya muncul lagi di hadapan publik saat menjadi bintang tamu di kanal YouTube PUELLA ID. Chelsea berkesempatan mengobrol dengan Cinta Laura.

Dalam kesempatan itu, Chelsea menceritakan tentang kecemasan yang ia rasakan setelah menjalani syuting selama setahun. Chelsea pun merasakan demikian lantaran sudah tidak latihan selama beristirahat. "Mungkin aku ngerasa, beberapa kali, setelah satu tahun enggak syuting sama sekali, 'Aku masih bisa akting dengan baik enggak ya?'," ungkap Chelsea Islan. "Karena sudah enggak ada latihan."

Selain itu, ternyata Chelsea sering menemukan berita miring tentang dirinya. Hal itu membuat Chelsea Islan merasa tak percaya diri.

“Jadi pas dibaca kadang aku lumayan kepikiran juga, sedih, even komen Instagram. Itu dulu mungkin aku baca-bacain, ‘kok aku dibilang gini’, terus jadi bertanya-tanya ke diri sendiri, insecure, nggak pede,” ucap Chelsea Islan.

Chelsea Islan mengungkapkan bahwa tekanan-tekanan itu muncul akibat dampak buruk media sosial yang juga berpengaruh terhadap mentalnya. Bahkan karena hal itu ia mengaku sempat dibuat menjadi pribadi yang insecure dan tidak percaya diri. "Even komen Instagram, itu dulu mungkin aku baca-bacain, ‘kok aku dibilang gini’, terus jadi bertanya-tanya ke diri sendiri, insecure, nggak pede," ungkapnya.

Chelsea Islan pun mengaku ingin segera syuting lagi. Namun, ia masih harus mempertimbangkan banyak hal. Apalagi, pandemi Covid-19 masih belum berakhir hingga saat ini. "Dengan kondisi seperti ini, 'Protokol kesehatan seperti apa, ya? Kapan aku bisa balik ke film? Aku pengin banget bisa balik kayak dulu," tutur Chelsea. "(Kalau syuting dan kena Covid-19), how about my mom dan orang yang ada di rumah?' Kecemasannya lebih ke situ."

Dari situ, Chelsea Islan pun sadar bahwa kesehatan mentalnya sebagai manusia perlu diutamakan. Ia pun memilih untuk mengabaikan komentar-komentar negatif agar bisa lebih fokus dalam melakukan hal baik dan berkarier di industri hiburan.

"Makin ke sini makin sadar memang terkadang di industri ini kita harus prioritasin mental health, tapi itu proses. Sampai sekarang trying to get it away from my side. Bukan nggak peduli, tapi kita harus prioritasin mental health," tutup Chelsea Islan. dsy16

 





Berita Terkait