Khofifah Sebut Ketersediaan Hewan Kurban di Jawa Timur Surplus

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 06 Jun 2023 18:46 WIB

Khofifah Sebut Ketersediaan Hewan Kurban di Jawa Timur Surplus

i

Gubernur Jatim Khofifah saat melihat langsung ternak sapi di Lamongan. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Ketersediaan hewan kurban untuk hari raya Idul Adha 1444 H  di Jawa Timur hingga saat ini masih surplus, karen saat ini sudah ada 1 juta hewan kurban yang tersedia, karena itu masyarakat diminta untuk tidak cemas, karena kebutuhan hewan kurban stoknya masih banyak.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, usai melihat langsung salah satu peternakan sapi terbesar di Kabupaten Lamongan yakni ternak sapi Sumber Jaya yang terletak di Desa Wonokromo Kecamatan Tikung milik Haji Juri, Selasa (6/6/2023).

Baca Juga: Gempa Bumi di Pulau Bawean, Pemprov Jatim Terima Bantuan Baja Ringan

Disebutkannya dalam kunjungannya ke pemilik ternak sapi di Lamongan itu, Gubernur juga ingin memastikan stok aman, dan menekankan adanya mutu kesehatan hewan dari sisi veteriner, Khofifah juga meminta agar memperhatikan sisi syar'i agar memberikan keyakinan kepada mereka yang akan membeli hewan kurban.

"Dari segi stok Jawa Timur salah satunya Lamongan ini kondisinya surplus yang mana tentu ditunjang dengan kondisi kesehatan yang baik dengan ciri giginya sehat, mata bersinar, dan gerakan lincah pada sapi karena rutin pengecekan ante Mortem nya," ujarnya. 

Baca Juga: Kinerja Pemprov Jatim 2023 capai 97,77 Persen

Namun demikian ia juga menekankan  yang harus diingat ada kriteria syar’i yang harus dipenuhi, juga untuk meyakinkan masyarakat sebagai pembeli hewan kurban.

Mendampingi Gubernur Khofifah, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menuturkan akan terus melakukan pengecekan ante mortem secara rutin dengan memberikan desinfeksi, vitamin dan perawatan lainnya terutama 21 hari sebelum dipotong oleh petugas dari Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan yang bertujuan untuk menjaga kesehatan hewan.

Baca Juga: Hanya 130 Juta, UPT Keramik di Malang Perlu Dukungan Pemprov Jatim

"Seluruh hewan untuk persiapan kurban di Lamongan kami nyatakan sehat. Kondisi tersebut akan terus kita maintenance dengan melakukan pengecekan rutin oleh petugas Dinas Kesehatan Hewan dan Peternakan sehingga menjamin kualitas hewan hingga dipotong nanti," tutur Bupati yang akrab disapa Pak Yes.

Selanjutnya Pak Yes memaparkan stok sapi pada Idul Adha tahun ini di Lamongan ada 8.065 ekor, 173 ekor diantaranya dari kandang Haji Juri dan 600 ekor sapi yang ada di Desa Wonokromo setempat. Sedangkan untuk kambing ada 18.025 ekor dan domba 6.155 ekor. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU