Kodrat Sunyoto Resmi Dilantik Ketua MKGR Jatim untuk Kedua Kalinya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 12 Des 2021 19:29 WIB

Kodrat Sunyoto Resmi Dilantik Ketua MKGR Jatim untuk Kedua Kalinya

i

Kodrat Sunyoto (tengah) saat dilantik oleh Adies Kadir di Surabaya, Minggu 12/12/2021.SP/RKO

 

SURABAYAPAGI, Surabaya - Wakil Ketua DPD Partai Golkar Jatim Kodrat Sunyoto dikukuhkan sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) MKGR Jawa Timur periode 2021-2026.  Pelantikan pengurus sayap partai Golkar itu digelar di hotel Westin Surabaya pada Minggu (12/12) pagi.  

Baca Juga: Laila Mufidah Dorong Pemkot Lakukan Optimalisasi Penanganan Banjir di Surabaya

Dari pantauan, sejumlah elit beringin nampak hadir dalam acara tersebut diantaranya adalah Waketum DPP Golkar Nurul Arifin, Ketua DPP MKGR Adies Kadir, ketua DPD Golkar Jatim Sarmuji dan sekretaris DPD Golkar Jatim Sahat tua Simanjuntak.  Acara itu juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak dan Walikota Surabaya Eri Cahyadi.

Dalam sambutannya, Ketua DPP MKGR Adies Kadir mengaku bangga lantaran banyak kader MKGR yang menempati posisi penting di pemerintahan baik di DPR RI, DPRD tingkat provinsi maupun kabupaten/kota serta menjabat sebagai kepala daerah. 

Ketua komisi III DPR-RI tersebut menekankan pentingnya semangat gotong royong dalam membesarkan ormas MKGR. Agar menghasilkan sumbangsih positif bagi kebesaran Partai Golkar di pemilu 2024 mendatang. Dia mengatakan, MKGR adalah induk dari organisasi Partai Golkar. Sehingga nantinya organisasi sayap tersebut harus mampu menggalang dukungan untuk kemenangan partai beringin di Pilpres maupun Pileg 2024 mendatang.

"Saya berpesan kepada kader harus betul-betul mengingatkan gotong royong dalam kondisi seperti ini. Saya mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru dilantik, tugas kita menuju 2024 nanti jangan sampai MKGR berharap ke Partai Golkar atau induk yang berharap kepada anaknya, tapi harus sebaliknya," katanya.

 "Alhamdulillah di DPR banyak oleh kawan-kawan di dalam partai di pusat saja dari 85 Fraksi Partai Golkar 40% diisi MKGR jadi memang lagi naik daun. Dan 10 provinsi yang sudah kita lakukan pelantikan antusias memang dari kawan-kawan untuk masuk ke MKGR luar biasa hampir semua adalah wakil bupati, ketua DPRD, walikota dan pejabat penting lainnya," tambahhnya.

Anggota DPR RI dari Dapil Surabaya Sidoarjo itu menekankan saya partai MKGR harus bekerja penuh dan maksimal untuk merebut basis suara yang baru, tanpa mengharapkan bantuan dari Partai Golkar. 

Peningkatan basis dukungan itu penting untuk menggalang suara sehingga Golkar bisa meraih dukungan yang masih di Pemilu 2004 nanti.

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Surabaya Laila Mufidah Desak Pembangunan Saluran dan Gorong-gorong jadi Prioritas

"Organisasi harus berjalan tanpa memberatkan dan merepotkan partai. Kita semua yang kita lakukan kebijakan untuk partai tidak akan membebani partai," tambahnya.

Sementara itu ketua DPD MKGR Jawa Timur Kodrat Sunyoto mengaku bangga dengan dukungan maksimal yang diberikan masing-masing kabupaten/kota. Anggota Komisi E DPRD Jatim tersebut mengaku akan bekerja keras agar MKGR solid dan memberikan sumbangsih maksimal bagi kebesaran Partai Golkar.

"Begitu sulitnya saya merangkai kata karena terharu. Dan kebabggaan hari ini adalah perisitiwa yang sangat bersejarah karena saya diberikan kepercayaan untuk kedua kali menahkodai ormas MKGR," tambahnya.

Kodrat mengatakan, pada kepemimpinan dirinya periode sebelumnya,  MKGR begitu solid sehingga bisa bekerja maksimal dalam menggalang dukungan. 

Baca Juga: Komisi D Dukung Pembangunan MRT di Surabaya

Dia berjanji setelah dikukuhkan akan langsung bekerja secara massif untuk merekrut kader baru supaya nanti bisa menambah pundi-pundi perolehan suara Partai Golkar di pesta demokrasi tahun 2024 mendatang.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada ketua umum atas kepercayaan dan ketua DPC DPC sekretaris kabupaten kota atas dukungannya. Saya mengucapkan terima kasih karena sampai sekarang beliau semua ketua DPD masih tetap hadir dalam pelantikan," tambahnya.

Kodrat menekankan pentingnya panca moral dalam menjalankan organisasi sayap Partai Golkar. Diantaranya adalah cinta kepada Tuhan Yang Maha Esa serta mengedepankan asas gotong royong dalam mengembangkan organisasi. Semua itu harus dijalankan untuk untuk solidaritas soliditas dan kebesaran Partai Golkar.

"Kita pengurus DPD ormas MKGR begitu selalu berjalan yang tepat perhatikan panca moral. Salah satu panca moral itu adalah cinta cinta Tuhan kepada Tuhan maha esa dan sesama manusia kita selalu terikat dengan rasa kekeluargaan dan gotong royong, sehingga misi  untuk membesarkan dan membentuk soliditas ormas MKGR tercapai," pungkasnya. rko

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU