KONI Jatim Siapkan Dua Opsi Jadwal Porprov Jatim 2023

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 03 Mar 2023 14:37 WIB

KONI Jatim Siapkan Dua Opsi Jadwal Porprov Jatim 2023

i

Ketua KONI Jatim Muhammad Nabil. Foto: KONI Jatim.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur (Jatim) telah menyiapkan dua opsi mengenai jadwal penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim VIII 2023 yang akan datang.

Opsi pertama penyelanggaraan Porprov VIII/2023 yang dihelat di Sidoarjo Raya (Sidoarjo, Jombang, Kabupaten Mojokerto dan Kota Mojokerto) adalah pada 1-8 September. Jadwal ini sesuai dengan hasil rapat koordinasi empat tuan rumah.

Baca Juga: Bupati Ikfina Raih Penghargaan Pemerintah Peduli Olahraga di Ajang KONI Jatim Award 2023

Namun, jika digelar bulan September, ditakutkan muncul kendala bagi para atlet dan cabang olahraga. Pasalnya, jadwal tersebut berdekatan dengan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (Popnas) di Palembang yang digelar pada 9-19 September.

“Bila digelar pada 1-8 September ada sedikit kendala karena berdekatan dengan penyelenggaraan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Palembang yang digelar pada 9-19 September.Ini akan berpengaruh bagi persiapan atlet, karena sebagian besar atlet Popnas Jatim juga tampil di Porprov,” kata Ketua KONI Jatim Muhammad Nabil, Rabu (1/3/2023).

Sedangkan untuk opsi kedua digelar pada 26 Agustus hingga 3 September 2023 mendatang. Menurut Nabil, keputusan tentang opsi penyelenggaraan tersebut merupakan keputusan bersama.

“Memang idealnya pada hari libur sekolah, Juni atau Juli namun ini keputusan yang kompromis dan ideal bagi tuan rumah dan semua daerah terutama atlet karena tidak saat ujian sekolah,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa penentuan tentang kapan Porprov VIII digelar sepenuhnya ada di Gubernur. Saat ini, dua opsi ini sedang ditelaah tepat tidaknya oleh Dispora Jatim agar segera diumumkan kepada KONI kota dan kabupaten agar mereka segera bersiap.

Baca Juga: Koni Jatim Award 2023, Kota Mojokerto Raih Penghargaan 'Pemerintah Peduli Olah Raga'

“Dua opsi jadwal penyelenggaraan ini kami serahkan kepada Ibu Gubernur melalui Dispora Jatim, karena ini eventnya pemerintah provinsi dan kami (KONI) hanya menyelenggarakan saja,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Jatim Dudi Harjantoro menambahkan, tidak ada perubahan terkait tempat pembukaan dan penutupan.

"Pembukaan di Sidoarjo, penutupannya di Kabupaten Mojokerto," ujar Dudi.

Baca Juga: Atlet Lamongan Peraih Medali Porprov Akhirnya Terima Bonus

Di samping itu, lanjut Dudi, ada pula kesepakatan terkait dengan enam cabor yakni Basket, Futsal, Sepak Bola, Voli Indoor, Pencak Silat dan Catur, yang sebelumnya ada pembicaraan tanpa melalui babak kualifikasi (Pra Porprov).

Mantan Kabid Olahraga Dispora Jatim itu mengatakan, sebelumnya KONI Jatim usul untuk peniadaan Pra Porprov kecuali sepak bola karena keterbatasan anggaran.

“Namun, kesepakatan lalu empat tuan rumah meminta agar tetap melaksanakan Pra Porprov dan empat tuan rumah minta wildcard,” tuturnya. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU