Kunjungan Wisman Lampaui Target, Capai 3,92 Juta hingga Oktober 2022

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 08 Des 2022 16:17 WIB

Kunjungan Wisman Lampaui Target, Capai 3,92 Juta hingga Oktober 2022

i

Ilustrasi.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia mencapai 3,92 juta kunjungan hingga Oktober 2022. Angka tersebut melebihi target kunjungan wisman ke tanah air tahun ini yakni berkisar antara 1,8-3,6 juta

"Berarti sudah melewati target 3,6 juta batas atas. Jika momentum ini terus kita tingkatkan, maka akan bisa menembus lebih dari 5 juta kunjungan wisatawan mancanegara," kata Sandiaga, Selasa (6/12/2022)

Baca Juga: Dongkrak Event Olahraga Berkualitas, Menparekraf Bakal Contoh ‘Sport Tourism’ Ala Jepang

Menurut Sandiaga, hasil itu menunjukkan kepercayaan wisman terhadap pariwisata Indonesia semakin baik.

Dari angka 3,92 juta wisman itu, terjadi perubahan komposisi negara asal para turis. Australia yang selama ini duduk di posisi 1, digeser oleh Malaysia.

Baca Juga: Elite PPP, Cenderung Terpecah

"Ini ada perubahan. tadinya Australia nomor 1, sekarang Malaysia nomor 1. Australia nomor 2, Singapura nomor 3. Timor Leste tembus top 5 dan India tetap di peringkat 5," jelas Sandiaga Uno.

Selain itu, Sandiaga membeberkan, occupancy rate atau tingkat hunian kamar juga berhasil mencapai angka di atas 50 persen. Ia optimistis jika momentum ini bisa maksimalkan dengan baik, maka target kunjungan wisman antara 3,6-7,2 juta di tahun 2023 bisa tercapai.

Baca Juga: PPP Anggap Pilpres Sudah Game Over

"Kami yakin kalau pun ada ancaman resesi tapi kita akan mampu untuk menghadapinya," ujar dia.

Di samping itu, Menparekraf Sandiaga berpesan kepada seluruh pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif untuk meningkatkan sikap kehati-hatian dan kewaspadaan dalam menyambut momentum libur natal dan tahun baru 2022/2023. Mengingat cuaca yang sedang ekstrem dan rawan bencana. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU