Kurangi Sampah, Pemkot Probolinggo Kampanye Gerakan Daster Si Ipah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 09 Jun 2021 17:56 WIB

Kurangi Sampah, Pemkot Probolinggo Kampanye Gerakan Daster Si Ipah

i

Sekda Kota Probolinggo drg. Ninik Ira Wibawati.

SURABAYAPAGI.COM, Probolinggo - Pemkot Probolinggo menggelar Gerakan Daster Si Ipah (Dengan Komposter Siap Pilah Sampah). gerakan yang digagas dengan tujuan mengurangi jumlah sampah di Kota Probolinggo itu dihadiri oleh Sekda Kota Probolinggo drg. Ninik Ira Wibawati.

“Sampah itu persoalan yang kompleks. Dari tahun ke tahun keberadaan sampah di Kota Probolinggo mengalami peningkatan,” katanya, Rabu (9/6/2021).

Baca Juga: Respon Cepat Aduan Masyarakat, PJ Ali Kuncoro Sidak TPS Benpas dan TPA Randegan

Menurut dia, peningkatan sampah itu terjadi di Taman Pemrosesan Akhir (TPA) serta banyaknya penimbunan sampah liar di sejumlah titik di wilayah Kota Probolinggo. “Ini menunjukkan adanya produksi sampah per individu semakin meningkat,” katanya.

Berdasarkan data, timbulan sampah dengan komposisi sampah organik mencapai 6 persen, sedangkan dua landfill di TPA sudah mengalami overload. “Satu landfill lainnya sekarang sudah hampir penuh,” ungkapnya.

Baca Juga: Pj Wali Kota Kediri Ajak Masyarakat Pilah Sampah

Ninik Ira Wibawati menjelaskan, guna menghadapi persoalan sampah, pemkot kini melakukan berbagai inovasi. Salah satunya dengan mengembangkan pengomposan dengan memilah sampah yang melibatkan para ibu rumah tangga.

"Makanya, dengan Daster Si Ipah ini, kita berharap bisa mengurangi timbulan sampah di Kota Probolinggo,” tandasnya.

Baca Juga: DLHK Sidoarjo Ambil Alih Pengelolaan Sampah Terminal Purabaya

Giat Sosialisasi Gerakan Daster Si Ipah tersebut tak hanya dihadiri oleh Sekda Kota Probolinggo drg. Ninik Ira Wibawati, namun juga dihadiri pejabat teras Pemkot Probolinggo. Seperti Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setiorini Sayekti dan Kepala BLH Rachma Deta Antariksa.

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU