Lamongan Targetkan 80 Desa Mandiri di Tahun 2022

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 13 Jan 2022 15:41 WIB

Lamongan Targetkan 80 Desa Mandiri di Tahun 2022

i

Bupati memukul gong menandai telah dilaunching nya 10 Desa Mandiri. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Kabupaten Lamongan terus berpacu untuk meningkatkan pembangunan berbasis desa, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan. Bahkan saat ini sudah ada 10 desa mandiri yang dengan berbagai potensi, dan tahun 2022 ini desa mandiri ditarget bertambah menjadi 80 desa.

Hal itu disampaikan oleh bupati Yuhronur Efendi saat melaunching 10 desa mandiri dengan keunggulan yang dimiliki menuju desa berdaya di Desa Banjarwati Kecamatan Paciran, Lamongan.

Baca Juga: Bocah di Lamongan Tewas Tenggelam di Telaga

Disebutkan olehnya, target 80 desa mandiri tahun 2022 merupakan hal yang realistis, mengingat sebenarnya jumlah desa yang sudah bergerak ke arah mandiri ini sudah cukup banyak. "Lamongan ini termasuk desa-desanya banyak yang sudah desa mandiri.  Ke depan target kita untuk desa Mandiri sekitar 80 ini sudah realistis," ungkapnya.

Karena itu, pihaknya menginginkan semua untuk bergerak. Selain menggali potensi dan keunggulan dari desa,  kolaborasi antar bagian desa juga sangat perlu. Terlebih pada Tahun 2022 semua dusun akan memperoleh dana Bansun (Bantuan Dusun). Menurutnya hal tersebut sangat bermanfaat untuk memulai kekuatan finansial dan struktural di desa-desa untuk dapat mewujudkan Lamongan menuju kejayaan yang berkeadilan.

Sepuluh desa mandiri dengan potensinya yang dilaunching menjadi desa berdaya ini yakni Desa Banjarwati Paciran dengan edukasi religi makam Mbah Mayang Madu, Desa Bulu Tengger Sekaran dengan art of letter, Desa Karanggeneng dengan gemerlap pasar cendera,  Desa Kranji Paciran dengan pemandian air hangat, Desa Latukan Karanggeneng yang memiliki wisata kampung koi Lamongan,  Desa Paciran dengan 1001 oleh-oleh, Desa Sedayu Lawas Brondong yang memiliki usaha air minum kemasan 'Putri Sidogayah', Desa Sekaran Edukasi Magot, Desa Sugio wisata alun-alun dan pasar modern, serta Desa Tunggul Paciran yang memiliki potensi unggulan berupa cafe dan rest area.

"Dari 10 desa ini kita bisa melihat bagaimana budaya-budaya yang hendak dibangkitkan, contoh saja di Desa Banjarwati ini dengan wisata religi makam Mbah Mayang Madu tentu ini sebuah desa yang iconic, yang memberikan penjelasan tentang perjalanan historical perkembangan agama Islam di kabupaten Lamongan, seninya, musiknya, ini sebuah keunggulan desa. Kegiatan ini merupakan sebuah momentum untuk Mayang Madu diperkenalkan kepada desa-desa yang lain, juga sebagai sumber inspirasi desa-desa yang belum mempunyai potensi unggulan untuk bisa belajar," tambahnya.

Baca Juga: Kupatan Tanjung Kodok, Lestarikan Tradisi dan Promosi Wisata Lamongan

 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa) Khusnul Yaqin mengungkapkan bahwa maksud dan tujuan diadakannya launching Desa berdaya ini adalah untuk mewujudkan desa-desa di Kabupaten Lamongan menjadi desa yang mandiri keseluruhannya dan nantinya bisa menjadi Desa budaya yang memiliki kekuatan di dalamnya serta keunggulan spesifik sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayahnya.

"Perlu kami sampaikan bisa mandiri saat ini di Lamongan ada 34 desa, dan bisa bergerak dengan cepat dan kita namakan desa berdaya ini ada 10. Kita harapkan bisa terus sampai semua desa di Kabupaten Lamongan bisa menjadi desa berdaya seluruhnya," kata Khusnul Yaqin.

Baca Juga: Hari Pertama Masuk, Layanan Publik Lamongan Mulai Beroperasi

Selain itu turut hadir sebagai pendamping Desa berdaya, dekan fakultas perikanan Universitas Brawijaya Maftuch, menurutnya ada dua hal yang menjadi strategi pengembangan desa yakni strategi intervensi cepat dan sustainable. Pengenalan potensi desa yang bisa menjadi pengungkit kegiatan lain di bidang perekonomian dengan berkolaborasi bersama dengan stakeholder ini, seperti pengenalan icon makam Mbah Mayang Madu ini merupakan strategi sustainable.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Pimpinan Pondok Pesantren Sunan Drajat KH. Abdul Ghofur untuk memberikan tausiyah. Beliau juga mengungkapkan bahwa beberapa teknologi sudah diterapkan oleh PP. Sunan Drajat dan sudah banyak menghasilkan produk, yang ini ini dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi desa untuk memunculkan potensi unggulan. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU