Literasi Terus Dikenalkan, Melalui Road Show Goes to School

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 11 Jan 2022 16:14 WIB

Literasi Terus Dikenalkan, Melalui Road Show Goes to School

i

Bupati bersama istri disambut tarian oleh siswa. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Pendidikan literasi bagi anak usia dini di Lamongan terus dikenalkan. Melalui event road show “Goes to School” yang digagas Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah ini, untuk menyongsong generasi emas 2045.

Di Lamongan sendiri event road show “Goes to School” yang akan dijadwalkan di enam venue sekolah dasar  tersebut, Selasa (11/1/2021) mulai dibuka Bupati Yuhronur Efendi di halaman SD IT Cendekia Lamongan sekaligus sebagai venue pertamanya.

Baca Juga: Hari Pertama Masuk, Layanan Publik Lamongan Mulai Beroperasi

Bertemakan Tetap Berprestasi ditengah Pandemi, kegiatan ini menurut Bupati  dimaksudkan untuk mengajak peserta didik untuk tetap aktif dan terus berprestasi ditengah pandemi melalui semangat berliterasi dan olahraga sehingga tubuh menjadi sehat dan tangkas.

“Hari ini adalah hari pertama goes to school yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah. Melalui kegiatan ini anak-anak akan lebih bergairah membaca, semakin semangat untuk berliterasi. Jadi literasi ini bekal paling penting ketika nanti anak-anak tumbuh dewasa untuk meraih kesuksesan,” tutur Bupati.

Diungkapkan Bupati, pentingnya menumbuhkan literasi baca dan tulis diharapkan akan memberi pengetahuan dan kecakapan dalam mengolah informasi. Sehingga dengan pengenalan literasi sejak dini anak-anak akan tumbuh menjadi generasi cerdas dan memiliki wawasan luas.

“Meski literasi tidak terbatas hanya membaca buku saja, literasi sangat luas, bisa literasi budaya, numerik, digital dan lain sebagainya. Dengan pengenalan literasi sejak dini, anak-anak semakin cerdas dan memiliki wawasan yang luas dalam mempersiapkan generasi yang berkarakter,” ungkapnya.

Baca Juga: Atasan dan Bawahan Ini Saling Berhadapan, "Partai" ASN Akhirnya Terbelah

 

Dihadapan para anak-anak, Bupati Yes juga memberi semangat kepada generasi emas Lamongan untuk aktif bergerak “Bagaimana anak-anak ini tetap sehat, tidak mager alias malas gerak yakni dengan aktif bergerak, belajar dan tentunya ditunjang dengan minum vitamin,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Amal Islam Lamongan, Sarmadi mengucapkan terima kasihnya atas kepercayaan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Lamongan kepada SD IT Cendekia sebagai tempat pembukaan event road show goes to school. Kedepan, Sarmadi berharap mutu dan kualitas pendidikan yang ada di Kabupaten Lamongan semakin meningkat.

Baca Juga: Bupati Lamongan Berangkatkan 3 Bus Balik Gratis

Keceriaan dan kegembiraan semakin terasa dengan kelucuan dan semangat anak-anak saat menjawab berinteraksi dengan Bupati Yes. Keberhasilan anak-anak dalam menjawab pertanyaan yang diajukan Bupati Lamongan seperti nama-nama kecamatan di Kabupaten Lamongan hingga lambang kota Lamongan menunjukkan kesuksesan literasi yang telah digaungkan selama ini.

Tak hanya menyediakan mobil perpustakaan di venue event saja, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah juga memfasilitasi dongeng anak untuk tumbuh kembangkan wawasan anak-anak. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU