Lolos AFC Club Licensing, Persebaya Berpeluang Berlaga di Level Asia

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 19 Mei 2023 13:53 WIB

Lolos AFC Club Licensing, Persebaya Berpeluang Berlaga di Level Asia

i

Pemain Persebaya Surabaya. Foto: PT.LIB.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Persebaya Surabaya menjadi salah satu dari enam klub yang lolos verifikasi lisensi klub AFC saat ini. Hal ini berdasarkan keputusan rapat Club Licensing Committee (CLC) PSSI, pada Rabu (17/5/2023).

AFC Club Licensing merupakan lisensi tanda sebuah klub diakui sebagai klub profesional sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh organisasi sepakbola negara-negara Asia atau AFC. Selain itu, AFC Club Licensing ini juga menjadi syarat dasar bagi klub yang akan tampil di Liga Champions Asia dan AFC Cup.

Baca Juga: Akhirnya Bajul Ijo Bisa Menang atas Klub Radja Nainggolan

Komite Lisensi Klub PSSI telah mengeluarkan surat bernomor 007/CLC-PSSI/V/2023 yang menetapkan Persebaya bersama lima klub lainnya dengan status Granted with Sanction untuk regulasi AFC Champions League. Lima klub lainnya yakni Bali United  FC, Borneo FC, Madura United FC, Persija Jakarta, dan PSM Makassar.

Sementara keputusan kedua untuk regulasi AFC Cup dan Liga 1 Persebaya bersama enam klub lainnya dinyatakan memenuhi syarat. Keenam klub lainnya yakni Bali United FC, Borneo FC, Madura United FC, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar.

Manajer Persebaya, Yahya Alkatiri mengatakan bahwa AFC Club Licensing ini menjadi persiapan tim berjuluk Bajul Ijo untuk mentas di kancah Asia musim depan.

“Alhamdulillah kami lolos Club Licensing, ini adalah salah satu pembuktian kami, kalau kami serius menargetkan juara. Karena dengan lolosnya Club Licensing, jika kita juara, maka bisa main di level asia,” kata Yahya.

Baca Juga: Saatnya Menang, Rek!

Ia pun mengakui hal ini sudah dipersiapkan manajemen jauh-jauh hari. Bahkan sempat dicanangkan sebagai target yang harus dipenuhi. Pasalnya, Persebaya merasa sudah menemukan momentum untuk serius dalam perebutan juara.

“Memang target tahun ini (lolos AFC Club Licensing). Karena kami juga menargetkan juara tahun ini,” ujarnya.

Terdapat lima unsur yang menjadi kewajiban klub untuk bisa lolos verifikasi lisensi yaitu sporting, infrastructure,  personel & administration, legal, dan finance. Kelimanya harus terpenuhi dan mendapat penilaian secara ketat. Apabila ada satu unsur tidak terpenuhi maka klub tersebut tidak lolos verifikasi.

Baca Juga: Polrestabes Terjunkan 2.665 Personel untuk Pengamanan

Dengan diterbitkannya AFC Club License untuk Persebaya membuktikan bahwa tim sudah memenuhi seluruh aspek tersebut.

“Ini penting, ini juga membuktikan bahwa klub benar-benar pro atau tidak,” ucapnya. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU