Lonjakan Kasus Covid-19, MoToGP Thailand 2021 Resmi Ditiadakan

22 Juli 2021 : 13:16:30

Para pembalap MotoGP 2021 yang tengah beraksi. SP/ MotoGP

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Mengingat angka kasus penularan virus corona yang melonjak dalam dua bulan terakhir di Asia Tenggara berimbas kepada Thailand. Pemerintah negara setempat sedang memberlakukan lockdown dan larangan bagi pendatang.

Pemberlakuan lockdown tersebut membuat MoToGP Thailand 2021 resmi batal digelar. Pengumuman itu disampaikan langsung pihak MotoGP lewat unggahannya di media sosial pada Rabu (21/7/2021).

MotoGP Thailand 2021 sendiri sejatinya akan digelar di Sirkuit International Chang, Buriram, pada Minggu 17 Oktober. Namun, pandemi Covid-19 yang masih mengancam sejumlah negara saat ini membuat munculnya pembatasan perjalanan ke Thailand. Alhasil, balapan pun terpaksa dibatalkan.

"FIM, IRTA, dan Dorna Sports dengan menyesal mengumumkan pembatalan Thailand Grand Prix, yang akan berlangsung di Sirkuit Internasional Chang dari 15 hingga 17 Oktober," bunyi pernyataan MotoGP, Rabu (21/7/2021).

"Terlepas dari upaya terbaik dari semua pihak yang terlibat, pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung dan pembatasan yang diakibatkannya telah memaksa pembatalan acara tersebut," lanjut pernyataan tersebut.

MotoGP Thailand kemungkinan baru bisa kembali pada 2022 jika kondisinya sudah memungkinkan. Untuk seri pengganti, pihak Dorna masih akan membahas dan mencari opsi terbaik yang akan diumumkan sesegera mungkin.

"Acara penggantian saat ini sedang dipertimbangkan dan setiap pembaruan mengenai kemungkinan pengganti akan dipublikasikan segera setelah tersedia," jelanya.

MotoGP 2021 saat ini sedang libur musim panas setelah menggelar sembilan seri, terakhir di Assen, Belanda, 27 Juni. Pemuncak klasemen MotoGP adalah rider Yamaha Fabio Quartararo dengan 156 poin, unggul 34 poin atas Johann Zarco di posisi kedua.

Balapan selanjutnya akan dihelat secara double-header di Styria (8 Agustus) dan Austria (15 Agustus). Satu-satunya seri MotoGP di Asia Tenggara yang belum batal adalah Malaysia.

Sejauh ini, MotoGP telah memastikan 18 seri untuk perlombaan musim ini. Satu balapan, yakni MotoGP Argentina 2021, masih belum menemukan kejelasan terkait penyelenggaraannya. Dsy12





Berita Terkait