Masa Libur Lebaran, 8 Taman Kota di Surabaya Tetap Dibuka

06 Mei 2021 : 10:48:03

Taman Harmoni Surabaya yang terletak di Keputih, menjadi salah satu taman yang cukup diminati sejak dibuka kembali selama pandemi Covid-19. SP/HUMAS PEMKOT SURABAYA

SURABAYAPAGI,Surabaya -  Delapan taman kota di Surabaya rencananya akan tetap dibuka pada pada masa libur Lebaran. "Jadi, taman-taman yang sudah dibuka ini bisa jadi alternatif liburan pada saat libur hari raya," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya Anna Fajriatin mengenai delapan taman yang dibuka untuk umum mulai April 2021 itu. Kamis (06/5).

Taman yang akan dibuka untuk umum selama libur Lebaran meliputi Taman Pelangi, Taman Harmoni, Taman Kebun Bibit Wonorejo, Taman PUPR, Taman Sejarah, Taman Prestasi, Taman Flora Bratang, serta Taman Cahaya.

"Mudah-mudahan jam operasionalnya bisa sampai sore. Kalau saat ini kami buka pukul 06.00–11.00 WIB, khusus untuk hari Rabu dan Sabtu buka pukul 15.00–17.00 WIB," kata Anna.

Ia mengatakan bahwa jumlah warga yang bisa mengunjungi taman dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas taman sesuai dengan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

"Kalau kapasitas Taman Harmoni di Keputih ini kurang lebih sekitar 300 orang. Maka, jumlah pengunjung dapat masuk per sesi maksimal hanya 150 pengunjung," katanya.

"Setiap taman itu berbeda kapasitasnya, tergantung dengan luasan tamannya. Pada prinsipnya tetap 50 persen. Itu sudah sesuai dengan aturan yang ditetapkan Satgas COVID-19," ia menambahkan.

Anna mengatakan bahwa dinas akan mengatur penugasan personel selama libur Hari Raya guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan pengunjung taman.

Oleh karena itu, dia mengajak seluruh warga atau pengunjung taman untuk selalu patuh prokes, supaya pembukaan taman ini tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. Dia pun terus menekankan agar masyarakat sama-sama saling menjaga dan mengingatkan satu sama lain.

“Mohon bantuannya untuk sama-sama menjaga kota kita agar tetap sehat dan bersih. Jika kita bersama-sama menjaga kota ini, saya yakin warga Surabaya akan selalu sehat dan kotanya selalu bersih,” pungkasnya. na





Berita Terkait