Masih Cedera, Miguel Oliveira Absen di MotoGP Prancis 2023

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 05 Mei 2023 18:20 WIB

Masih Cedera, Miguel Oliveira Absen di MotoGP Prancis 2023

i

Momen Miguel Oliveira saat mengalami kecelakaan. Foto: Getty Images.

SURABAYAPAGI.COM, Le Mans – Nasib sial Kembali menimpa Pembalap Tim RNF Aprilia, Miguel Oliveira. Oliveira dipastikan tidak akan memperkuat tim CryptoDATA RNF pada seri balap kelima MotoGP Prancis 2023.

Ia mengambil keputusan itu karena masih cedera dan mau tak mau terpaksa absen di seri lanjutan MotoGP 2023 tersebut.

Baca Juga: Masih Dibekap Cedera, Alex Rins Dipastikan Absen di MotoGP Inggris 2023

Rider asal Portugal itu mengalami cedera usai terjatuh dalam GP Spanyol, Minggu (30/4/2023) di Sirkuit Jerez.  Ia terlibat kecelakaan dengan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dan Marco Bezzecchi (Mooney VR46).

“Miguel Oliveira akan mengundurkan diri dari GP Prancis karena cederanya,” tulis pernyataan resmi RNF Racing dalam akun twitter resminya, Kamis (4/5/2023).

Insiden terjadi saat Quartararo tidak dapat menghindari Bezzecchi dan Oliveira yang mengerem di depannya saat balapan belum sampai tikungan 2. Quartararo yang berada dalam posisi terjepit menabrak keduanya. Oliveira terbanting dengan keras di gravel.

Awalnya, Oliveira "hanya" didiagnosa mengalami dislokasi bahu dengan posisi bahunya sudah dikembalikan dalam pemeriksaan di sirkuit.

Namun, berdasarkan pemeriksaan lanjutan, terungkap bahwa cedera yang dialami Oliveira itu lebih parah dari yang diperkirakan, termasuk patah tulang di humerus dan cedera ligament labrum anterior.

“Medis berhasil memposisikan kembali bahu kirinya yang terkilir, penilaian lebih lanjut mengungkapkan cedera yang lebih parah, termasuk patah tulang di humerus dan cedera labrum ligamen anterior,” lanjutnya.

Baca Juga: Paruh Pertama MotoGP 2023, Luca Marini Puas dengan Performa Tim

Meski Oliveira dan dokternya memutuskan untuk tak melakukan operasi, ia tetap harus fokus pada proses penyembuhan sehingga tidak akan dapat berpartisipasi di MotoGP Prancis.

"Ia perlu fokus dengan proses penyembuhan dan tidak akan bisa tampil di seri Prancis," sambung RNF.

Kendati demikan, timnya berharap Oliveira cepat pulih dan berharap dapat menyambutnya kembali untuk GP Italia.

Tentunya untuk mengganti posisi Oliveira, RNF Racing sudah menyiapkan pembalap cadangannya, yakni Lorenzo Savadori. Besar harapan RNF bagi Savadori bisa meraih hasil semaksimal mungkin di MotoGP Prancis mendatang.

Baca Juga: Miller Minta Pembalap Lain Berhenti Mengeluh

“Dengan absennya Oliveira, dia akan digantikan oleh Lorenzo Savadori. Sebagai test rider Aprilia resmi, Savadori telah memiliki kesempatan untuk membiasakan diri dengan tim dan kondisi selama tes resmi MotoGP di Sirkuit Jerez pada hari Senin,” jelasnya.

Nasib sial yang ia alami patut disesalkan. Pasalnya sebenarnya, Oliveira tampil kompetitif di musim ini. Mantan pembalap KTM itu tercatat dua kali finis kelima di sepanjang tahun ini, di balapan utama COTA dan Sprint Race Jerez.

MotoGP Prancis 2023 sendiri akan berlangsung di Sirkuit Bugatti, Le Mans. Tepatnya pada 12-14 Mei 2023. lmn

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU