Home / OlahRaga : Turkmenistan U-23 vs Indonesia U-23

Menang Juara Grup, Kalah Tetap Lolos

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 11 Sep 2023 20:44 WIB

Menang Juara Grup, Kalah Tetap Lolos

SURABAYAPAGI.COM, Solo - Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Turkmenistan U-23 pada matchday penentuan di Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Selasa (12/9/2023) malam nanti. Penentuan karena apakah Indonesia lolos menjadi juara grup atau menjadi runner up terbaik.

Laga yang akan disiarkan langsung oleh RCTI, Selasa (12/9/2023) malam nanti pukul 19:00 WIB, pun menjadi pembuktian bagi coach Shin Tae-yong.

Saat ini, Timnas Garuda Muda berada di puncak klasemen Grup K dengan tiga poin. Jumlah poin yang didapat Garuda Muda sama dengan Turkmenistan, akan tetapi mereka unggul selisih gol usai menang 9-0 lawan Chinese Taipei. Turkmenistan 'hanya' menang 4-0 ketika berjumpa Chinese Taipei.

Pada laga tersebut, striker Timnas Turkmenistan U-23, Shamammed Hydyrov tampil sangat menonjol. Pemain dengan nomor punggung 11 itu mencetak hattrick. Aksinya harus diwaspadai barisan pertahanan Indonesia.

"Saya menonton pertandingan pertama Turkmenistan lawan Chinese Taipei. Pemain bernomor 11 (Shamammet Hydyrow) dan penyerang lain Turkmenistan juga sangat baik," kata pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Tak heran, Shin Tae-yong mengingatkan para pemainnya jangan berpuas diri dengan kemenangan besar atas Chinese Taipei. Pasalnya, Timnas Indonesia U-23 ternyata memiliki tren negatif.

Pasukan Shin Tae-yong diketahui berbekal catatan negatif jelang laga krusial tersebut.

Pertandingan ini menjadi pertemuan ketiga sepanjang sejarah buat Timnas Indonesia U-23 dan Turkmenistan. Sayang, Timnas U-23 membawa catatan negatif dari pertemuan pada masa lalu.

Timnas Indonesia U-23 belum pernah menang saat menghadapi Turkmenistan. Timnas U-23 kalah 1-3 dan 0-1 pada pertemuan di Kualifikasi Olimpiade 2012.

 

Garuda Muda Diminta Fokus

Untuk itu Witan Sulaeman pun kawan-kawannya untuk kembali fokus untuk menghadapi Turkmenistan U-23. “Tentu saja saya dan teman-teman tidak boleh langsung puas dari hasil laga pertama,” ujar Witan Sulaeman, Senin (11/9/2023).

Untuk itu, ia berharap bisa memberikan yang terbaik buat tim Merah Putih nantinya. “Perjalanan kami masih panjang, saya harap kami semua bisa terus memberikan yang terbaik untuk timnas,” tuturnya.

Sementara itu, timnas U-23 Indonesia ini sebenarnya memiliki peluang besar untuk lolos ke putaran final.

 

Peluang Lolos

Sekedar informasi, apapun hasil Witan Sulaeman dan kawan-kawan lawan Turkmenistan nanti mereka masih memiliki harapan ke Piala Asia U-23 termasuk jika kalah. Timnas U-23 Indonesia sebenarnya apabila meraih kemenangan dan hanya meraih hasil imbang.

Mereka sudah bisa melaju ke putaran final di Qatar nantinya. Namun, meski tim Merah Putih menelan kekalahan dari Turkmenistan pun mereka masih ada peluang. Skuad Garuda Muda memiliki peluang meski kalah, karena mereka bisa bersaing di tim dengan posisi runner-up terbaik. Saat ini ada empat tim yakni Turkmenistan (Grup K), Iran (Grup E), Kuwait (Grup F), dan Malaysia (Grup H).

 

Prediksi Formasi

Dalam laga melawan Turkmenistan formasi pun diprediksi bakal berubah. Marselino Ferdinan Dkk diprediski bakal memakai skema atau formasi 3-4-3. Skema ini juga sebenarnya beberapa kali diterapkan oleh Shin Tae-yong baik saat menukangi timnas U-23 Indonesia maupun senior.

Memakai tiga bek bukan hal yang baru bagi pelatih asal Korea Selatan tersebut. Dengan tiga bek tentu saja akan membuat timnas U-23 Indonesia tak hanya kuat di sisi tengah saja.

Namun, dengan mengandalkan wingback pun bisa membuat timnas U-23 Inddonesia bakal tampil kuat di sisi kanan kiri lapangan juga.

Posisi penjaga gawang sepertinya Shin Tae-yong tak akan cukup berani coba-coba. Mantan pelatih timnas Korea Selatan itu dipercaya bakal tetap menurunkan Ernando Ari.

Kemudian dengan posisi tiga bek ini, pilihan uatama Shin Tae-yong tentu saja tak akan terjadi banyak perubahan. Shin Tae-yong pastinya bakal memasang Rizky Ridho, Elkan Baggott, dan Alfeandra Dewangga.

Kemudian untuk posisi winger sisi kanan kiri dipastikan bakal ditempati dua pemain andalan Shin. Untuk posisi ini dipastikan ada Pratama Arhan yang berada di kiri. Sedangkan untuk posisi kanan pastinya masih akan dihuni oleh Ilham Rio Fahmi.

Sementara itu, untuk gelandang Ivar Jenner diyakini bakal menjadi salah satu andalan Shin. Pemain FC Utrecht itu memang pada laga lawan Taiwan cukup mencuri perhatian. Sehingga ia diyakini bakal menjadi salah satu gelandang andalan. Untuk posisi ini, Ivar Jenner diyakini bakal dibantu oleh Arhan Fikri yang sebelumnya juga tampil cukup memukau.

Sementara untuk posisi depan, ada Marselino yang diyakini bakal tampil lebih maju lagi dari biasanya.

Hal ini karena Marselino diyakini bakal menjadi penyokong untuk Rafael Struick dan Ramadhan Sananta. Marselino memang selalu tampil luar biasa di depan gawang lawan. Sehingga pada kesempatan melawan Turkmenistan nantinya.

Marselino bakal membantu lini depan dalam membangun serangan seperti Rafael Struick dan Ramadhan Sananta. Dengan prediksi ini, timnas U-23 Indonesia diyakini bakal tampil luar biasa dan membuat Turkmenistan diobrak-abrik.

 

 

Prakiraan Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-23 (4-3-3): Ernando Ari; Alfreandra Dewangga, Elkan Baggot, Rizky Ridho; Rio Ilham, Pratama Arhan; Ivar Jenner, Arkhan Fikri; Marselino Ferdinan; Ramadhan Sananta, Rafael Struick.

Pelatih: Shin Tae-yong.

 

Turkmenistan U-23 (4-4-2): Rustem Ahallyyev; Roman Galkin, Vepa Zhumaev, Dovran Berdiyev, Ykhlas Toydzhanov; Arzuvguly Sapargulyev, Teymur Charyyev, Mirza Beknazarov, Khodzhanazar Gurbanov; Rakhman Muratberdyev, Shamammed Hydyrov.

 

Pelatih: Ahmet Agamyradov.

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU