Namanya Masuk Bursa Cawapres Ganjar, Menteri Basuki: ''Lebih Baik yang Lain Saja''

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 08 Jun 2023 14:38 WIB

Namanya Masuk Bursa Cawapres Ganjar, Menteri Basuki: ''Lebih Baik yang Lain Saja''

i

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Rest Area 379 A Batang. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang dijuluki sebagai “Bapak Infrastruktur” oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi digadang-gadang masuk bursa calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Ganjar Pranowo. 

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan perihal Basuki yang masuk bursa cawapres Ganjar tersebut sebelumnya diungkap Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Baca Juga: Anies Akui Prabowo, Keluarga Intelektual Terpandang

"Nama-nama (cawapres) yang disampaikan Mbak Puan kemarin, betul. Bahkan, muncul juga nama Pak Basuki Menteri PUPR," ujar Hasto, Kamis (08/06/2023).

Mencuatnya nama Basuki menurut Hasto lantaran adanya kemajuan infrastruktur di daerah-daerah. "Karena beliau, ada dari daerah-daerah Aceh mengalami kemajuan, Papua mengalami kemajuan, Sumatera, Palembang mengalami kemajuan karena pembangunan infrastruktur, kemudian NTT mengalami kemajuan," terang Hasto.

"Kemudian ada yang mengusulkan Pak Basuki, yang oleh Pak Jokowi dikatakan sebagai bapak infrastruktur," imbuhnya.

Hasto mengatakan nama-nama itu nantinya akan didiskusikan dengan sejumlah pihak, termasuk Jokowi. Setelahnya, barulah nama cawapres akan diputuskan oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Klarifikasi Menteri PUPR Basuki

Baca Juga: Bawaslu Pasrah

Mendengar namanya masuk bursa calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Ganjar Pranowo, dirinya mengaku hingga kini belum ada pembicaraan dengannya soal hal tersebut.

"Enggak ada (obrolan). Mungkin wacana, tapi enggak ada komunikasi sama sekali. Saya lebih baik yang lain," ujar Basuki.

Basuki juga menegaskan bahwa dirinya merupakan birokrat, sehingga tak tertarik berkecimpung di dunia politik. Terlebih, kata dia, umurnya akan menginjak angka 70 pada tahun depan.

Baca Juga: Senin Besok, MK Bakal Bacakan Putusan Sengketa Pilpres Pemohon Anies dan Ganjar Secara Terpisah

"Mudah-mudahan (namanya masuk bursa cawapres hanya sebatas pernyataan). Saya kerja saja," ucap Basuki. 

Sebagai informasi, diam-diam Menteri PUPR Basuki tersebut memang tercatat sebagai kader partai PDI Perjuangan. Hal itu diungkap langsung oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

"Pak Basuki beliau ber-KTA PDI Perjuangan, beliau menjalankan tugas-tugas membangun koneksitas Indonesia bagi kemajuan Indonesia raya kita," kata Hasto. dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU