Pandemi, Tingkatkan PAD Semua Sektor Digabungkan dengan Wisata

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 15 Jun 2021 18:32 WIB

Pandemi, Tingkatkan PAD Semua Sektor Digabungkan dengan Wisata

i

Bupati Yuhronur Efendi saat membuka Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan VIII BPSDMD Provinsi Kalsel. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Pemkab Lamongan terus berupaya bagaimana meningkatkan sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD), dalam kondisi masih pandemi covid-19,  salah satunya dengan berinovasi, berkoordinasi dan bersinergi di berbagai sektor. Apalagi pertumbuhan ekonomi saat ini masih terkoreksi menjadi -2,65% di akhir tahun 2020 menjadi PR yang harus segera diselesaikan.

Oleh karena itu Bupati Lamongan Yuhronur Efendi yang kerap dipanggil Bupati Yes menekankan bangkitnya UMKM Lamongan. Hal tersebut disampaikannya saat menerima Rombongan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan VIII BPSDMD Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (15/6/2021) di Pendopo Lokatantra.

Baca Juga: Dalami Korupsi Pembangunan Gedung Pemkab, KPK Periksa Eks Ketua DPRD Lamongan

Dalam Visitasi yang bertajuk Pemulihan Pariwisata di Masa Pandemi Dalam Rangka Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tersebut, Bupati Yes menggabungkan semua sektor yang ada dengan sektor pariwisata untuk menggeliatkan perekonomian di Kabupaten Lamongan.

“Jadi semua sektor yang ada di Kabupaten Lamongan akan digabungkan dengan sektor pariwisata. Beberapa sudah mulai dilakukan. Contohnya di sektor pertanian Desa Latukan Kecamatan Karanggeneng, pertanian semangka yang biasanya saat panen dijual seperti biasa kali ini dijadikan pagelaran wisata sehingga omsetnya naik 300% dari biasanya,” ungkap Bupati Yes.

Selanjutnya untuk rencana ke depan sektor-sektor yang lain pun akan mengikuti seperti sektor olahraga, sektor perikanan dan lain sebagainya

Sumber Daya alam yang ada di tiap desa pun saat ini dimaksimalkan untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Saat ini menurut Bupati Yes telah muncul taman-taman tematik di desa-desa yang dikelola oleh BUMDes. Munculnya desa-desa wisata tersebut akan akan menghidupkan perekonomian masyarakat sekitar. Produk-produk UMKM dan kerajinan masyarakat akan mendapatkan tempat untuk memasarkan produknya.

Baca Juga: Berkah Ramadhan, 1000 Anak Yatim dan Disabilitas Lamongan Terima Santunan

“Pemasarannya pun dilakukan secara offline dan online. Offline melalui kerjasama dengan toko retail modern. Dari 90 produk UMKM yang dikurasi sudah terdapat 26 produk yang sudah bisa masuk took retail modern seperti Indomaret dan Alfamart. Sedangkan secara online Pemkab Lamongan bekerjasama dengan Bank Jatim meluncurkan aplikasi Pasar Online Lamongan dan Lapak Lamongan,” imbuh Bupati Yes

Dalam acara tersebut Bupati Yes juga menyampaikan bahwa untuk meningkatkan PAD di sektor pariwisata Pemerintah Daerah harus pintar-pintar memanfaatkan sumberdaya yang ada dan melakukan kerjasama dengan investor atau pihak ketiga.

“Contohnya saja Wisata Bahari Lamongan yang menyumbang PAD cukup besar. Sebelum pandemic PAD yang dikontribusi oleh WBL antara Rp. 10 Miliar sampai dengan Rp. 15 Milyar. Hasil tersebut diperoleh dari pemanfaatan aset daerah yang ada dengan kerjasama dengan investor dengan sistem bagi hasil,” jelas Bupati Yes.

Baca Juga: Duhhh..Rp 11, 5 Miliar Bantuan Keuangan Pemdes Tahun 2023 di Lamongan Tak Kunjung Dicairkan

Kawasan wisata WBL tersebut juga menumbuhkan wisata-wisata lain disekitarnya contohnya Maharani Zoo, Tanjung Kodok Beach Resort dan menjadi satu wilayah dengan Wisata Religi Sunan Drajat.

Kepala BPSDMD Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Nispuani yang juga turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan akan membawa ilmu dari Kabupaten Lamongan ini untuk diadaptasikan di tiap wilayah peserta pelatihan tersebut.

“Terimakasih atas kesempatan yang diberikan Bupati Lamongan untuk menjadikan Kabupaten Lamongan sebagai lokus Visitasi Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Tahun ini. Semoga ilmu yang sudah Bupati Lamongan sampaikan dapat kita contoh dan adaptasikan di wilayah kita masing-masing,” ungkap Muhammad Nispuni. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU