Pasca PPKM, Angka Penularan Covid-19 di Banyuwangi Turun 30 Persen

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 01 Mar 2021 10:11 WIB

Pasca PPKM, Angka Penularan Covid-19 di Banyuwangi Turun 30 Persen

i

Jumlah RT di Kabupaten Banyuwangi masuki zona hijau pasca PPKM Mikro. SP/ Satgas Covid-19 Banyuwangi

SURABAYAPAGI.com, Banyuwangi - Data Satgas Covid-19 Banyuwangi mencatat adanya kenaikan jumlah zona hijau dan penurunan zona kuning. Pasca adanya Penerapan PPKM Mikro di Kabupaten Banyuwangi membuat sejumlah RT banyak yang memasuki zona hijau. Selain itu angka penurunan virus corona menurun sebanyak 30 persen.

Menurut Juru Bicara Satgas Covid-19 Banyuwangi, dr Widji Lestariono menjelaskan bahwa jumlah RT yang berada di zona hijau 10.212 dan untuk zona kuning masih tersisa 116 RT, atau dengan kata lain ada 99 RT yang sebelumnya berada di zona kuning menjadi zona hijau. Sebelumnya, pekan lalu dari data Satgas Covid-19 Banyuwangi ada 215 RT dengan warna zona kuning dan 10.113 RT lainya berada di zona hijau.

Baca Juga: Pelabuhan di Banyuwangi Ramai Dipadati Pemudik

"Kita akan melanjutkan PPKM Mikro sampai 8 Maret nanti. Jika dilihat dari angka sebelumnya bisa dibilang PPKM menunjukkan hasil positif," katanya, Senin (1/3/2021).

Selain perubahan warna zona RT, Rio juga mengatakan pasca PPKM terjadi penurunan angka penularan virus Covid-19 sebanyak 30 persen. Angka kematian juga tercatat mengalami penurunan sebanyak 26 persen.

Dengan grafik positif pasca PPKM, Rio menambahkan jika saat ini langkah selanjutnya yang bisa dilakukan satgas adalah kelancaran vaksinasi Covid-19. Menurutnya satgas membutuhkan target vaksinasi masyarakat bisa segera tercapai, sehingga terbentuk herd immunity atau ketahanan imunitas komunal. Sehingga tidak ada lagi tempat untuk virus Covid-19 di Banyuwangi.

Baca Juga: Kampung Nelayan Modern akan Dibangun di Banyuwangi

"Kalau masyarakat memahami manfaat dan tujuan vaksinasi pasti mereka akan merasa bersalah jika tidak mengikuti vaksinasi,"tegasnya.

Sebelumnya pelaksanaan vaksinasi tahap II Kabupaten Banyuwangi sudah dimulai secara serentak di 62 fasilitas layanan kesehatan penyelenggara vaksinasi. Pada tahap II ini, vaksinasi menyasar 11.430 orang yang terdiri dari TNI/Polri, petugas pelayan publik, jurnalis, dan anggota legislatif.

"Termasuk juga tenaga dan petugas kesehatan yang belum mendapatkan vaksinasi. Harapan kami, seluruh sasaran di tahap II ini dapat kami selesaikan dalam waktu satu pekan ke depan," ujarnya.

Baca Juga: Pemkab Banyuwangi Konsisten Gelar Festival Patrol

Sementara itu, Wakil Satgas Covid-19 Banyuwangi, Kombes Arman Asmara Syarifuddin mengatakan saat ini 217 Desa dan Kelurahan di Banyuwangi sudah memiliki posko PPKM. Rencananya akan ditambah lagi 2 Posko di RT yang dianggap memiliki kasus penularan virus corona yang dianggap tinggi.

"Sekarang tinggal memaksimalkan anggaran saja, baik DD maupun ADD dalam kelancaran Pos PPKM. Ini ranah pemerintah daerah. Agar bisa menerapkan instruksi Mendagri dengan baik," tandasnya. Dsy6

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU