PB PON Papua Siapkan 25 Ribu Noken untuk Atlet hingga Tamu

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 20 Jul 2021 13:58 WIB

PB PON Papua Siapkan 25 Ribu Noken untuk Atlet hingga Tamu

i

Mama Costavina Runggeari menata hasil rajutan baju bertema Cenderawasih di teras rumah. SP/ Humas PON Papua

SURABAYAPAGI.com, Papua - Menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua, Panitia Besar (PB) Papua akan menyiapkan 25 ribu noken, dibagikan kepada atlet, ofisial, dan tamu yang akan datang ke Bumi Cenderawasih pada Oktober mendatang.

Noken yang akan dikalungkan berisi boneka-boneka maskot PON XX Papua seperti Drawa dan Kangpo. Rencananya pengalungan akan dilakukan di Bandara Sentani, Bandara Timika, dan Bandara Merauke.

Baca Juga: Hari Pertama Lomba, Cabor Selam Jatim Borong Empat Emas

Selain pengalungan noken di Bandara Sentani juga akan dilakukan di Bandara Timika dan Bandara Merauke.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Harian PB PON Provinsi Papua, Yunus Wonda di Jayapura mengatakan, noken akan diberikan dan dikalungkan pada atlet dan ofisial saat tiba di Bandara Sentani sebagai bentuk penghargaan.

“Jadi noken ini bukan diberikan kepada semua orang yang datang ke Papua ketika PON, namun khusus bagi atlet dan ofisial saja,” kata Yunus Wonda.

Baca Juga: Tim Wushu Jatim Jadi Juara Umum PON XX 2021 Papua

Menurut Yunus, noken-noken yang dikalungkan tersebut berisi boneka-boneka maskot PON XX Papua seperti Drawa dan Kangpo. Sehingga selain pengalungan noken di Bandara Sentani, juga akan dilakukan di Bandara Timika dan Bandara Merauke.

Dia menjelaskan PB PON sudah mensosialisasikan penggunaan noken kepada masyarakat. Sehingga untuk menyediakannya dibutuhkan kerja sama dari mama-mama Papua pengrajut noken ini.

Baca Juga: Forkopimda Jatim Beri Dukungan Kepada Atlet Jatim Yang Berlaga di PON XX Papua

Sehingga tamu yang datang ke Papua dan ingin membawa pulang cenderamata berupa noken, bisa langsung membelinya di masing-masing arena PON pada empat klaster penyelenggara.

“Kami juga memberikan ruang atau tempat di masing-masing arena PON yang ada di empat klaster untuk mama-mama Papua menjual nokennya,” katanya. Dsy12

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU