Peduli Anak Jalanan, Kapolres Blitar Kota Berikan Edukasi di Sekolah Literasi

01 Desember 2021 : 17:29:18

Kapolres Blitar Kota AKBP Dr Yudhi Hery Setyawan S.IK M.Si mengunjungi Balai RW 5 Kelurahan Kauman, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, pada Rabu (1/12) pagi. SP/Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Kapolres Blitar Kota AKBP Dr Yudhi Hery Setyawan S.IK M.Si  melaksanakan pengecekan kesehatan dan vaksinasi Covid-19 terhadap 27 anak jalanan di Balai RW 5 Kelurahan Kauman, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, pada Rabu (1/12) pagi. 

Selain pengecekan kesehatan dan vaksinasi Polres Blitar Kota yang dipimpin langsung Kapolres Blitar Kota juga memberikan edukasi kepada anak jalanan tersebut yang ditampung oleh Kelurahan Kauman dengan Sekolah Literasi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Blitar Kota AKBP Dr Yudhi Hery Setiawan SIK MSi didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Blitar Kota Ny Dian Yudhi beserta Pengurus Bhayangkari Cabang Blitar Kota, PJU Polres Blitar Kota, Asisten Pemerintahan Dan Kesra Kota Blitar Drs Erix Priyo Istanto, Kadinsos Kota Blitar dan Forpimcam Kepanjenkidul Kota Blitar.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Blitar Kota, AKBP Yudhi mengatakan kegiatan itu merupakan wujud dari program Bhayangkara Peduli Anak Jalanan dari berbagai kondisi. 

Kegiatan tersebut diawali dengan pemeriksaan kesehatan dan tes swab antigen kepada para anak jalanan termasuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 kepada beberapa warga sekitar yang belum di vaksin.

"Selain Kami memberikan edukasi tentang situasi Kamtibmas terhadap mereka sekaligus menggugah perilaku sopan santun dan yang lebih penting untuk menghindari perbuatan tercela sampai hindari tindakan kriminal tentunya dengan bahasa anak anak,  juga kami memberikan bantuan berupa perlengkapan ibadah dan perlengkapan mandi kepada mereka, dan sedikit keperluan lainya" papar orang nomor satu di Polres Blitar Kota ini.

AKBP Yudhi panggilan akrabnya  ini, menerangkan juga pihaknya Polres Blitar Kota akan bekerjasama dengan Dinas Sosial Kota Blitar untuk memberikan edukasi secara rutin kepada para anak anak  jalanan tersebut (Sekolah Literasi) untuk menggugah rasa kemandirianya demi masa depan.mereka.

"Pemberian edukasi penting agar para anak jalanan tidak terjerumus dalam hal-hal negatif dan terlibat masalah pidana, karena mereka adalah aset bangsa dan yang terpenting merupakan generasi penerus yang harus kita bina, sekaligus menggugah rasa percaya diri untuk menggugah semangat dalam kemandirianya."  Kata AKBP Yudhi dengan didampingi beberapa PJU.

Sementara itu Tohari 50 selaku Ketua RW 5 Kelurahan Kauman, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, menjelaskan para anak-anak di lingkungannya ini mengikuti sekolah Literasi yang diadakan oleh kelompok pemuda di Kelurahan Kauman sedang kegiatan Sekolah Literasi itu diadakan tiga kali dalam sepekan yang diadakan di Balai RW 5 Kelurahan.

Untuk diketahui Sekolah Literasi ini  mengajarkan dari mulai pendidikan karakter seperti budaya hidup bersih dan kesenian sampai keterampilan. 

"Kami sampaikan terima kasih kepada Bapak Kapolres Blitar Kota dengan pejabat nya, atas perhatianya pada Sekolah Literasi di Kauman ini, semua kegiatan di sekolah Literasi selain untuk mencegah agar anak-anak tidak melakukan hal-hal negatif dan diharapkan bisa Mandiri, tadi rupanya akrab sekali dengan Bapak Bàpak Polisi," tutur Tohari pada Surabaya Pagi. Les





Berita Terkait