Pemkot Mojokerto Gelar Kegiatan Bela Negara untuk Santri

24 November 2022 : 19:53:03

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Pemerintah Kota Mojokerto melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik bersinergi bersama Kodim 0815/Mojokerto untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam upaya pembelaan negara bagi para santri di Kota Mojokerto.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari yang hadir untuk menyapa santriwan dan santriwati peserta pelatihan pada Rabu (23/11) di Gelora A. Yani Kota Mojokerto menyampaikan bahwa sebagai generasi penerus bangsa, para santri memang sudah tidak perlu berjuang dengan mengangkat senjata melawan pihak-pihak yang akan merongrong Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Fokusnya adalah lebih kepada mengisi kemerdekaan yang sudah kita dapatkan 77 tahun yang lalu ini dengan menguatkan Indonesia sebagai negara yang memiliki pendidikan yang unggul kesehatan yang paripurna, ekonomi yang kuat, sosial yang berdaulat dan dasar-dasar negara yang digunakan tidak akan dirubah dan tetap diakui oleh seluruh warga Indonesia dan warga bangsa di luar Indonesia," kata Ning Ita sapaan akrab wali kota.

Peserta mengikuti materi character building dalam kegiatan peningkatan kesadaran bela negara bagi santri di Gelora A. Yani Kota Mojokerto-Yor

 Lebih lanjut Ning Ita menyampaikan bahwa sebagai seorang muslim, mencintai tanah air atau hubbul wathon merupakan bagian dari iman. Sehingga jangan sampai ada keinginan untuk merubah dasar-dasar yang sudah menjadi konstitusi. "Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Undang-Undang Dasar 1945 ini adalah dasar bagi kita, untuk kita pertahankan, kita akui sebagai dasar negara di Negara Kesatuan Republik Indonesia," tegas Ning Ita dihadapan para santri.

Pada kesempatan ini Ning Ita juga mengingatkan agar para santri dapat mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang menuju kebaikan serta tidak mudah terjerumus pada kenakalan remaja baik itu penyalahgunaan narkoba maupun penyimpanan seksual.

"Kalau adik-adik ini adalah pelajar, santri, maka isilah waktu kalian sebagai wujud bela negara kesatuan Republik Indonesia ini dengan belajar yang baik, berprestasi secara akademis dan berprestasi di luar akademis," imbuh Ning Ita yang hadir dengan didampingi oleh Kepala Bakesbangpol Moch. Imron.

Kegiatan peningkatan kesadaran bela negara bagi santri Kota Mojokerto yang digelar selama 2 hari mulai 22 -23 November 2022 diikuti oleh 100 santri dari PPTP. Darul Qur'an, PP. Mambaul Qur'an, PP. Al Azhar dan PP. Mambaul Ihsan. Dengan menghadirkan narasumber Kodim Kapten Inf. Nuril Mustofa dari Kodim 0815 Mojokerto, Dr (cand) Ragil Ira Mayasari, SPd., MSc dari Fakultas Hukum Mayjen Sungkono Mojokerto, serta Duta Pancasila Purna Paskibraka Indonesia, Mohammad Miftachul Alam, S.Kom. dwi



Berita Terkait