Pewaris Eka Tjipta, Ributkan Harta dan Ke-WNI-annya

21 November 2022 : 20:36:46

Dari 28 Anak,  Klaim Bos Sinar Mas Grup ini Punya Empat Istri Sah. Empat Anak Lainnya hanya Akui Dua Istri

 

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta-Perselisihan keluarga Sinar Mas Group, terkait warisan Rp 737 triliun, bergulir lagi. Freddy Widjaya, yang hanya dapat warisan Rp 1 miliar, laporkan empat saudara tirinya yang sama-sama anak pendiri Sinar Mas Group ke Bareskrim Polri. Mereka yang  dilaporkan yakni Indra Widjaja, Muktar Widjaja, Franky Oesman Widjaja dan Teguh Ganda Widjaja.

"Hari ini (kemarin, red) kami mau membuat laporan, ada surat dari Kemenkumham yang menyatakan mereka (terlapor) ini bukan warga negara Indonesia, tapi kok bisa memperoleh KTP, KK, maupun paspor dengan nama versi berbeda-berbeda. Kadang namanya A, tiba-tiba jadi B, balik lagi jadi A. Ini kan seperti main-main, sebenarnya siapa sih namanya," kata Kamaruddin kepada wartawan di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Senin (21/11/2022).

 

Saudara Tirinya WNA

Freddy, membuat laporan ke Bareskrim Polri untuk mencari tahu apakah betul surat dari Kemenkumham yang menyatakan terlapor merupakan Warga Negara Asing (WNA) adalah benar. Terkait identitas yang berganti-ganti, diduga ada dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

"Apakah betul surat dari Kemenkumham bahwa mereka ini adalah warga negara asing, kemudian namanya kenapa berganti-ganti, dugaan bahwa ada tindak pidana pencucian uang," tuturnya.

Kamaruddin menjelaskan bahwa semasa hidup mendiang Eka Tjipta merupakan orang yang sangat kaya raya.

 

Lima atau Dua Istri

Istri Eka Tjipta Simpang siur. Freddy menjelaskan, bahwa Eka Tjipta memiliki 28 anak dari empat orang istri, di mana Freddy merupakan anak dari istri Eka Tjipta yang bernama Lidia Herawati Rusly.

Hingga akhir hayatnya, Eka Tjipta Widjaja diketahui memiliki empat orang istri, dan 28 orang anak berdasarkan akta wasiat nomor 60 yang di buat oleh Notaris Winanto Wiryomartani, S.H., M.Hum, di Jakarta Barat pada tanggal 25 April 2008.

Sementara empat terlapor menyebut Eka Tjipta sendiri hanya tercatat secara resmi memiliki 15 anak dari 2 kali pernikahan.

"Mantan Humas ini sekarang menjadi Duta Besar di Korea Selatan (Gandi Sulistiyanto). Mana mungkin almarhum orang miskin tidak meninggalkan harta, sedangkan kami punya dokumennya almarhum membuat PT dalam satu hari diatasnamakan 5 orang kemudian dalam satu hari itu juga langsung dihibahkan kepada almarhum. Artinya semua kepemilikan dari aset ini adalah atas nama almarhum, kami sudah selidiki itu," jelasnya.

 

Bawa Barang Bukti

Kamaruddin mengaku telah membawa barang bukti berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), paspor dengan nama yang memiliki versi berbeda-beda, serta surat dari Kemenkumham yang menyatakan bahwa terlapor berstatus WNA. Surat-surat yang diduga palsu itu dilakukan demi membatalkan Freddy Widjaja sebagai anak dari Eka Tjipta.

Sebelum laporan ini, Freddy Widjaja juga telah melaporkan saudara tirinya itu terkait kasus dugaan pemalsuan akta otentik. Kasus ini sebelumnya sudah dilakukan gelar perkara dan dihenti lidik karena dianggap bukan peristiwa pidana. Pihaknya pun tidak terima dan meminta Bareskrim Polri untuk kembali membuka gelar perkara.

"Jadi kami meminta supaya laporan dari klien saya tentang pemalsuan akta otentik, menempatkan keterangan palsu ke dalam akta otentik supaya dibuka yaitu terkait adanya penggunaan akta lahir yang diduga palsu. Kenapa palsu, karena mereka sebenarnya punya yang asli tapi kenapa menggunakan yang diduga palsu," tandasnya.

 

Tiga Istri

Menurut wikipedia Kekayaan bersih

Kenaikan 11,9 Miliar USD (Desember 2020)

Istri diantaranya Trini Dewi Lasuki, Melfie Pirieh Widjaja dan Lidia Herawati Rusli.

Sedangkan Anak-anaknya yakni Teguh Ganda Widjaja, Oei Hong Leong, Indra Widjaja, Muktar Widjaja, Frankle Djafar Widjaja, Franky Oesman Widjaja, Sukmawati Widjaja, Nanny Widjaja, Lanny Widjaja, Jimmy Widjaja, Fenny Widjaja, Inneke Widjaja, Chenny Widjaja, Meilay Widjaja, Jetty Widjaja, Freddy Widjaja, Robbin Widjaja, Sindy Widjaja dan Effendi Widjaja.

Eka Tjipta Widjaja terlahir bernama Oei Ek-Tjhong. Eka Lahir 27 Februari 1921 di Quanzhou, Fujian, Tiongkok. Dan meninggal di Indonesia 26 Januari 1979. n erc/jk/cr3/rmc



Berita Terkait