Pimpin KKI DPC Sidoarjo, Izzatul Aini Siap Jalankan Misi Pelestarian Kain dan Kebaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 27 Nov 2022 18:31 WIB

Pimpin KKI DPC Sidoarjo, Izzatul Aini Siap Jalankan Misi Pelestarian Kain dan Kebaya

SurabayaPagi, Surabaya - Komunitas Kain dan Kebaya Indonesia (KKI) menggelar pelantikan pergantian Ketua periode 2022-2027.

Agenda utama pada kegiatan yang diadakan KKI di Cito Mall ini ialah melantik drg. Izzatul Aini Minhadj Sp, Perio, sebagai Ketua KKI DPC Sidoarjo yang baru.

Dengan tema Lenggang Kebaya Kebhinekaan. KKI mengangkat peran penting wanita yang tangguh dan bertanggung jawab, meningkatkan ekonomi dengan mengatasi budaya bangsa Indonesia.

Pada pelantikan pengurus KKI periode 2022 hingga 2027 KKI menggalakkan kegiatan setelah pandemi sudah berhenti lama. Untuk setiap sajian acara kami menggunakan kebaya karya dari UMKM mulai kain, kebaya hingga sandalnya.

Setiap ada kegiatan maupun rapat rutin selalu mewajibkan anggota untuk berkain dan berkebaya. Terutama untuk event-event di Sidoarjo, wajib menggunakan produk lokal kota tersebut dari ujung kepala sampai ujung kaki. Seperti jarik atau seledang batik bermotif Sidoarjo sebagai bawahan dan sandal buatan UMKM Sidoarjo.

Saat ini jumlah anggota lebih dari 100 orang. Mereka berasal dari semua kalangan. Seperti profesi, ibu rumah tangga, UMKM hingga pengemudi ojek online.

“Tujuan KKI, harta warisan budaya bangsa Indonesia. Menggali dengan mengajak ibu ibu berkain dan berkebaya. Dengan menggunakan busana itu lebih anggun dan lebih luwes,” ungkapnya.

Lanjutnya, KKI sendiri memiliki visi dan misi menjadikan perempuan Indonesia lebih berdaya dan berbudaya. Dengan kebaya sebagai salah satu budaya Indonesia.

“Selain itu, perkuat peran perempuan Indonesia di berbagai bidang yang akan mengiringi kemajuan bangsa. Mempertajam kreativitas perempuan Indonesia dalam lingkungan sosialnya. Terakhir, mendorong penguatan ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan perempuan Indonesia,” paparnya.

Menurut Aini, kami bekerjasama dengan stakeholder terkait seperti dinas koperasi dan UMKM Sidoarjo, Disperindag, dinas pariwisata, dinas pendidikan dan kebudayaan. semua kalangan. Profesi bervariasi dari ibu rumah tangga, supir dan UMKM.

"Harapannya, semua anggota bisa memperkuat ekonomi keluarga. Dengan memberikan pengetahuan dan penambahan keterampilan," jelasnya.

Ketua Panitya juga Humas dari KKI Master Christine Hu menambahkan, KKI ini sebagai wadah para perempuan untuk menampung budaya bangsa Indonesia membawa misi produk kain dan kebaya.

"Semua yang kami gunakan produk dari UMKM yang tergabung dalam KKI. mulai atas hingga ujung kaki. Bupati juga mendukung KKI, mengunjungi istrinya Ibu Sasa. Mereka mendukung dan mengkhususkan semua komunitas baik dari Sidoarjo maupun dari luar daerah," tambahnya.

Selain itu, kami mengandeng seluruh Dinas yang ada di Sidoarjo seperti Disperindag, Dinas Kominfo, Dinas Koperasi, Dinas perempuan dan anak. Untuk bisa bersinergi dengan KKI, sehingga berkontribusi sebagai corong ke masyarakat untuk mempromosikan produk ke semua wilayah.

"Program kerja kami mengolah para generasi penerus bangsa seperti SMP SMA dan SMK terutama Sidoarjo. Harapannya, agar para perempuan lebih melejit lagi dalam mengatasi produk kain dan kebaya," terangnya.

Dalam sambutannya, Istri Bupati Sidoarjo Hj. Sa'adah Ahmad Muhdlor Ali, S. Hum atau terpanggil Ning Sasa mengatakan, Bangsa tanpa budaya bagai raga tanpa nyawa. Artinya tidak memiliki identitas. KKI memiliki cita-cita yang mulia dengan harta budaya bangsa.

"Dengan kain dan kebaya menciptakan harmoni untuk dipakai sehari-hari, tanpa meninggalkan karakter wanita sesungguhnya.

Ning Sasa apresiasi dan mendukung KKI, wanita tangguh dan memiliki tanggung jawab yang besar. Seperti menjaga rumah tangganya, menjaga anak-anak, disatu sisi menjadi wanita karier. Tidak hanya di tingkat Jawa Timur, tapi secara keseluruhan baik nasional maupun internasional. Selamat kepada semua pengurus yang dilantik hari ini. By

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU