Polda Jatim Amankan Mortir yang Ditemukan Nelayan di Lamongan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 14 Agu 2022 15:55 WIB

Polda Jatim Amankan Mortir yang Ditemukan Nelayan di Lamongan

i

Tim Jibom Gegana Polda Jatim mengamankan, dan mengevakuasi mortir. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Tim Jibom Gegana Polda Jatim mengamankan, dan mengevakuasi mortir peninggalan Perang Dunia II, yang ditemukan oleh salah seorang nelayan di Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, Minggu (14/8/2022).

Pj Danramil Paciran Lamongan, Peltu Zainudin kepada wartawan menyebutkan, evakuasi dan pengangkatan satu unit mortir itu dilakukan oleh Tim Jibom Gegana Polda Jatim yang dipimpin oleh Kanit 2 Jibom Gegana Polda Jatim, Aipda Agus Haryono, dengan 3 orang anggota.

Baca Juga: Kurang Konsentrasi, Truk Tabrak Tronton

Tim Jibom Gegana tiba di Pos Nelayan lokasi sekitar pukul 10.30 WIB. Lalu pukul 11.15 WIB, Tim Jibom Gegana mengevakuasi dan mengangkat mortir ke atas kendaraan mobil Gegana. "Setelah itu, pukul 11.45 WIB, Tim Jibom Gegana Polda Jatim kembali ke Surabaya. Alhamdulillah proses evakuasi ini berjalan dengan tertib, lancar dan aman," sambungnya.

Lebih lanjut Zainudin mengingatkan kepada masyarakat bila di lain waktu menemukan benda serupa dan dicurigai sebagai benda berbahaya, maka segera dilaporkan ke RT, RW, aparat desa, maupun pihak berwajib. "Apabila menemukan benda yang belum diketahui jenisnya, apalagi bahan peledak bisa hubungi pihak berwenang untuk kemudian ditindaklanjuti," pungkasnya. 

Mortir yang ditemukan oleh nelayan ini disinyalir masih dalam kondisi aktif meski kondisi maupun bentuknya sudah jelek dan berkarat. Pasalnya, bom militer yang diduga sisa peninggalan dari Perang Dunia II tersebut tidak ada masa kadaluarsanya.

Baca Juga: Polda Jatim: Angka Laka Lantas Turun 43 Persen

Sementara itu, kata Zainuddin mortir itu ditemukan oleh nelayan di Desa Sidokumpul Kecamatan Paciran, oleh Aman (50), nelayan yang juga warga Desa Sidokumpul saat tengah melaut di perairan setempat, pada sekitar pukul 05.00 WIB, Sabtu (13/8/2022) kemarin.

Seperti biasanya, saat melaut itu, Aman menebarkan jaringnya. Namun alangkah kagetnya jaringnya tersangkut suatu benda yang berada di dasar laut. Setelah dinaikkan ke atas perahu, ternyata benda tersebut adalah mortir. Bapak Aman kemudian membawa mortir ke Pos Nelayan Desa Sidokumpul dan melaporkan penemuannya ke petugas.

Baca Juga: Bocah di Lamongan Tewas Tenggelam di Telaga

Dengan laporan tersebut, ungkap Zainudin, Anggota Piket Koramil 0812/17 Paciran bersama Polsek Paciran dan Pol Airud segera melakukan pengecekan terhadap temuan mortir tersebut yang berada di samping Pos Nelayan Desa Sidokumpul, Kecamatan Paciran, Lamongan.

Para petugas itu langsung melakukan pengamanan terhadap mortir sekira pukul 00.25 WIB, Minggu (14/8/2022). Demi keamanan, para petugas juga memasang garis polisi. Warga pun diimbau untuk tidak mendekati lokasi."Selain itu para petugas langsung melakukan koordinasi kepada pimpinan. Mortir ini memiliki ukuran panjang sekitar 70 cm dan berdiameter sekitar 40 cm," kata Zainudin. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU