Polres Blitar Gelar Rakor Renpam Pastikan PAW Kades Aman

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 27 Mei 2021 18:10 WIB

Polres Blitar Gelar Rakor Renpam Pastikan PAW Kades Aman

i

Sosialisasi pengamanan pemilihan PAW Kades di Aula Hogeng Iman Santoso Polres Blitar, Kamis (27/05) siang. SP/Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Pilkades dengan cara PAW digelar besok (Jumat 28/5). Baru kali ini ada PAW Pilkades di wilayah Kabupaten Blitar, tepatnya di Desa Tegalasri Kec Wlingi Kab Blitar. 

Untuk itu Polres Blitar menggelar sosialisasi pengamanan pemilihan kepala melalui PAW digelar Polres Blitar, dipimpin Kapolres Blitar AKBP Leonard M Sinambela yang melibatkan satuan pengamanan dari Kodim 0808 Blitar, Pemkab Blitar yang diwakili Kasat Pol PP Pemkab Blitar selain dari Sat Sabhara Polres Blitar dan para Kapolsek di Aula Hogeng Iman Santoso Polres Blitar, Kamis (27/05) siang.

Baca Juga: Temuan 11 Kotak Amal di Tepian Sungai Kejutkan Warga Sekitar

Kapolres Blitar AKBP Leonard, dalam laporannya membahas sistem pengamanan acara Pergantian Antar Waktu Kepala Desa Tegalasri besok (Jumat 28/5), karena pilkades dengan PAW baru pertama kali terjadi, maka pengamanan perlu ditingkatkan.

“Pilkades melalui PAW ini yang pertama kali di Kabupaten Blitar jadi harus kita mened dengan baik, untuk menghindari adanya potensi gejolak, sebelum saat dan sesudah proses pemilihan, juga berkoordinasi dengan panitia untuk berlakukan prokes secara ketat untuk meminimalisir terjadinya klaster baru karena kegiatan ini,” kata AKBP Leonard saat beri paparan.

Baca Juga: Diduga Konsleting Listrik Sebuah Toko Bangunan Ludes Terbakar

Masih menurut mantan Kasubdit Resum Polda Jawa Timur ini, untuk penempatan personil pengamanan nantinya akan digelar berlapis dan hanya perwakilan warga pemilih saja yang boleh memasuki area TPS, menghindari kerumunan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan panitia agar waktu pemilih melakukan pencoblosan terjadwal sekaligus memantau kedisiplinan prokes warga yang menyalurkan suaranya.

“Dengan digelarnya  sosialisasi Renpam (Rencana Pengamanan) ini kesiapan jika terjadi situasi kontijensi masing masing penanggung jawab pengamanan sudah tahu apa yang harus diperbuat sehingga PAW Kades Tegalasri nantinya bisa berjalan dengan aman, lancar sesuai yang kita harapkan dan bisa menjadi role model pengamanan PAW serupa yang akan datang,” pungkas AKBP Leonard.

Baca Juga: Pengepul Judi Ditangkap saat akan Setor Uang dan Rekapan

Sementara Kasat Pol PP Kab Blitar Rustin SH menyampaikan selain pengamanan saat proses pemilihan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan kedua calon untuk menjaga stabilitas keamanan, jika nantinya terpilih tidak akan melakukan euforia yang berlebihan dengan mengadakan acara syukuran yang mengundang massa banyak karena masih dalam masa pandemi, bagi yang tidak terpilih supaya legawa. Les

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU