Professor: Lepaskan Hormon Dopamin, Bikin Nyaman dan Happy

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 07 Des 2022 20:04 WIB

Professor: Lepaskan Hormon Dopamin, Bikin Nyaman dan Happy

SURABAYAPAGI, Surabaya - Dopamin dikaitkan dengan perasaan nyaman dan bahagia. Bahan kimia itu diproduksi di otak, dan otak melepaskannya saat seseorang melakukan aktivitas dan perilaku tertentu. Banyak di antaranya sudah dilakukan secara rutin setiap hari.

"Setiap kali kita berpartisipasi dalam aktivitas yang dianggap penting dari sudut pandang tubuh, otak melepaskan dopamin dalam jumlah besar," kata profesor neurologi Kiran F Rajneesh dari Ohio State University Wexner Medical Center, dikutip dari laman Huffington Post, Rabu (7/12).

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Otak melakukannya dengan maksud agar tubuh melakukan aktivitas tersebut lebih banyak. Rajneesh yang merupakan direktur divisi nyeri neurologis dan profesor neurologi menjelaskan, tugas dopamin adalah membuat seseorang merasakan penghargaan, mempelajari tempat dan aktivitas yang mengarah pada penghargaan.

Hormon tersebut membuat seseorang ingin mengulangi perilaku tertentu. Selain itu, pelepasan dopamin juga merupakan bagian dari fungsi harian tubuh. Berikut adalah beberapa aktivitas sehari-hari yang membantu pelepasan dopamin secara alami.

Makan, Rajneesh menjelaskan, aktivitas apa pun yang melindungi secara evolusioner dan penting untuk kesejahteraan dan kelangsungan hidup akan mengaktifkan dopamin. Makan termasuk dalam kategori itu. Beberapa penelitian bahkan mengatakan bahwa makan menghasilkan pelepasan dopamin dua kali: saat makanan disantap dan saat makanan ada di perut.

Selanjutnya minum, bayangkan minum segelas air saat cuaca terik atau setelah berolahraga, pasti terasa seperti mendapat anugerah. Tidak heran jika minum masuk kategori aktivitas yang memicu pelepasan dopamin di otak.

Baca Juga: RSUD Bangil Miliki Gedung Instalasi Farmasi dan Dropzone Instalasi Gawat Darurat

Akan tetapi, tidak semua tegukan air akan melepaskan dopamin. Kondisinya hanya saat seseorang benar-benar menginginkan atau membutuhkan air.

Menerima pujian, salah satu cara yang sangat umum dari pelepasan dopamin adalah ketika menerima pujian. Anak-anak hingga orang dewasa sama-sama akan dilanda perasaan senang sebagai akibat dari pelepasan dopamin ketika menerima pujian.

Bermain gim video, banyak penelitian telah mengukur dan menemukan bahwa bermain gim video menghasilkan pelepasan dopamin di otak bagi sebagian orang. Meskipun itu bukan hal yang buruk, namun bisa menjadi negatif jika kesenangan bermain terlalu berlebihan sehingga seseorang "ketergantungan" pada aktivitas itu.

Baca Juga: Cek Kesehatan Gratis, Balai RW 02 Pos Mawar 1 Dukuhsari Jabon Gelar Posyandu Lansia

Berhubungan intim, bagi pasangan yang sudah menikah, sebaiknya tidak meremehkan rutinitas berhubungan intim. Aktivitas ini memicu pelepasan endorfin dan dopamin. Otak pun sebenarnya sudah "dirancang" untuk mengetahui bahwa seks penting guna keberlangsungan hidup.

Melakoni hobi dan aktivitas khusus seperti meditasi atau olahraga juga dapat membantu melepaskan dopamin di otak. Rajneesh menjelaskan, itu sebabnya setelah melajukan sejumlah kegiatan tadi, ada peningkatan rasa kesejahteraan dan kesenangan. hlt/dpm

Editor : Mariana Setiawati

Tag :

BERITA TERBARU