Puan dan Sekjen Golkar Debat Tafsir

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 16 Mei 2023 20:57 WIB

Puan dan Sekjen Golkar Debat Tafsir

Saat Elektabilitas Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, tak Cukup Bersaing Dibursa Cawapres 2024 

 

Baca Juga: Yusril: Prabowo-Gibran Penuhi Syarat Dilantik Presiden

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Ditengah elektabilitas Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, yang tak cukup bersaing dibursa calon Wakil Presiden (Cawapres), muncul "perdebatan tafsir" di ruang publik. Politisi yang terlibat "perdebatan tafsir" yakni Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Sekjen Partai Golkar Lodewijk F Paulus.

Anak Megawati ini mengatakan setiap partai politik tengah berkomunikasi satu sama lain menuju Pemilu 2024. Termasuk PDI Perjuangan yang buka pintu terhadap partai lain jika ingin mendukung bakal calon presidennya Ganjar Pranowo.

"Ya sekarang dinamika di lapangan masih sama-sama jalani masing-masing, di Gerindra masih juga silaturahmi dan berkomunikasi ke mana, NasDem, Golkar, semuanya partai politik keadaan saat ini masih menjajaki untuk bisa bersama-sama menuju tahun 2024," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/5/2023).

Puan Maharani, bahkan menyinggung  ada partai politik baru yang akan bergabung mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden.

Puan yang saat berbicara itu memakai pakaian kuning dibalut blaser warna hitam. Ia mengaku warna tersebut sebagai tanda-tanda.

Saat Puan, bicara itu posisi Airlangga, berbeda dengan partai yang dipimpinnya. Partai Golkar tercatat partai ketiga terbesar berdasarkan hasil pemilu 2019. Erlangga berada di urutan bawah

 

Penafsiran Puan dan Lodewijk

Ketua DPP PDIP Puan Maharani menegaskan potensi partai kuning gabung dukung Ganjar Pranowo.

Sedangkan Sekjen Partai Golkar Lodewijk F Paulus merespons Puan soal kode partai kuning gabung dukung Ganjar. Lodewijk menyebut hingga saat ini partainya masih silaturahmi.

"Justru itu kita masih silaturahmi, jangan itu dulu, ini lagi jalan baru mau ngobrol abis ini," kata Lodewijk usai menghadiri pembukaan masa sidang bersama Ketua DPR RI Puan, Wakil Ketua DPR Dasco dan Rachmat Gobel, Selasa (16/5/2923).

Lodewijk menyebut pihaknya akan berdiskusi dahulu dengan Puan Maharani terkait hal itu. Setelah ada pembicaraan lebih lanjut, baru disampaikan kepada publik.

"Entar, kalau aku sudah ngobrol sama Bu Puan nanti aku baru ngasih tahu," imbuhnya.

 

Klaim Partai Golkar

Partai Golkar mengklaim belum memutuskan untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden di Pilpres 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan Sekjen Partai Golkar Lodewijk Freidrich merespons Ketua DPP Puan Maharani yang mengisyaratkan partai kuning mendukung Ganjar.

"Justru itu kita masih silaturahmi, jangan itu dulu," kata Lodewijk di kompleks parlemen, Selasa (16/5).

Lodewijk mengaku baru ingin bicara dengan Puan Maharani mengenai hal itu.

"Ini lagi jalan baru mau ngobrol abis ini. Entar kalau aku sudah ngobrol sama Bu Puan nanti aku baru ngasih tahu," kata dia.

Baca Juga: Alasan Pilpres Ulang, Dibeberkan Anies di Ruang Sidang MK

 

Puan Sebut Partai Kuning

Sebelumnya, Ketua DPP Puan Maharani memberi kode partai kuning bakal ikut mendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden di Pilpres 2024.

Saat membuka masa sidang di DPR pada hari Selasa, Puan terlihat mengenakan baju kuning dibalut blazer berwarna hitam.

Setelah pembukaan masa sidang, Puan sempat ditanyai tentang bagaimana langkah PDIP mendekat partai lain untuk bekerja sama di Pilpres 2024.

Saat ini Golkar berada dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama PPP dan PAN. Mereka belum menentukan capres-cawapres yang akan diusung bersama di Pilpres 2024 mendatang.

PPP sudah menyatakan dukungan kepada Ganjar Pranowo. Kemudian, PAN juga disebut-sebut bakal mengambil langkah yang sama.

 

Guyonan Pengurus DPP Gerindra

Puan lantas ditanyai apakah ada strategi dari PDIP untuk menggaet partai lain terkait pemenangan Ganjar Pranowo. Ketua Harian DPP Gerindra Dasco yang berada di samping Puan berceletuk jika saat ini Puan tengah mengenakan kemeja berwarna kuning.

"Sudah pakai baju kuning," tutur Dasco yang disambut gelak tawa oleh Puan, Lodewijk hingga Rachmat Gobel yang berada di dekatnya.

Baca Juga: Adu Cerdas Antar Advokat

"Itu tanda-tanda," timpal Puan.

Puan kemudian ditanya kembali soal kemungkinan partai kuning seperti Golkar, Gerindra serta Hanura yang bergabung, ia menjawab semua partai terbuka. Untuk diketahui, Puan sendiri telah ditunjuk sebagai Ketua Tim Pemenangan Ganjar Pranowo untuk 2024.

"Bisa semuanya, itulah namanya strategi kan rahasia nggak boleh dikasih tahu. Seperti Pak Dasco bilang ini hari ini kuning," tutur Puan sambil tertawa.

"Bisa saja gabung, tidak menutup kemungkinan bergabungnya semua partai menjadi satu kekuatan kerja sama yang nantinya bersama, sekarang kita sudah sepakat, saya meyakini semua partai bersepakat bahwa kontestasi 2024 itu harus dijalankan secara baik, benar, gembira dan bermanfaat bagi Indonesia," lanjutnya.

 

Airlangga Temui Prabowo

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menemui Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Pertemuan dua menteri kabinet Pemerintahan Presiden Joko Widodo ini dilakukan di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (11/4/2023).

Airlangga mengaku pertemuan dengan Prabowo membahas sejumlah isu kebangsaan. “Saya bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan, Pak Prabowo hari ini membahas sejumlah masalah bangsa. Antara lain, soal swasembada pangan, pengembangan ekonomi nasional, hingga pertahanan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim (Kalimantan Timur),” tutur Airlangga

Ketum Golkar menegaskan, partai berlambang pohon beringin dan Gerindra juga sepakat untuk melanjutkan program Presiden Jokowi. “Termasuk menjaga aset peembangunan Bapak Presiden Joko Widodo,” ujar Airlangga.

Menko Perekonomian mengatakan, pertemuannya dengan Prabowo dilakukan dengan santai menjelang waktu berbuka puasa. Sebelumnya, lima partai politik mewacanakan untuk membentuk Koalisi Besar di Pemilu 2024. n erc/jk/cr2/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU