Puluhan Tahanan di Polres Blitar Jalani Vaksinasi Covid-19

23 Juli 2021 : 14:22:26

Seorang tahanan ketika akan di vaksin sangat ketakutan, yakni Mt 35 tersangka narkoba. SP/LES

 SURABAYAPAGI.com, Blitar - Setelah melaksanakan Vaksinasi massal bagi masyarakat, kini giliran tahanan Polres Blitar Jumat (23/7) mendapat perhatian dari Kapolres Blitar AKBP Leonard M Sinambela SH S.IK MH. Puluhan tahanan menjalani vaksinasi di ruang besuk tahanan sejak pukul 09.00 WIB dengan antre setiap 5 orang tahanan secara bergiliran. 

“Para tahanan juga mempunyai hak untuk sehat, hari ini ada puluhan tahanan yang jalani vaksinasi untuk cegah virus Corona-19, apapun mereka tetap kita perhatikan kesehatanya” ujar Kapolres Blitar AKBP Leonard M Sinambela pada wartawan, Jumat (23/7).

 Sedang jumlah tahanan yang mendapat vaksinasi sejumlah 84 orang tahanan dengan cara bergiliran setiap 5 orang tahanan bertempat di lorong ruang besuk tahanan, sebelum di vaksin mereka dilakukan tester suhu badannya dan mendapatkan makanan kecil berupa roti untuk persiapan vaksin.

" Kami pagi ini (Jumat 23/7) melakukan vaksinasi para tahanan, hal itu guna tanggulangi virus Corona bagi mereka, karena mereka juga punya hak untuk sehat termasuk keselamatanya, apapun mereka hak haknya kita perdulikan termasuk Vaksinasi ini." kata AKBP Leonard pada wartawan ketika saksikan para tahanan jalani vaksinasi.

WhatsApp_Image_2021-07-23_at_14.14.32

 Untuk diketahui ke 84 tahanan tersebut paling banyak dari tahanan narkoba dan titipan dari Kejaksaan dan Pengadilan Negeri, yang persidanganya melalui Daring dari Ruang Tahti ( Tahanan dan Barang Bukti) Polres Blitar, dengan rincian tahanan titipan Kejaksaan 13 orang, titipan PN Blitar 6 orang, titipan BNN 1 orang sedang kasus  tahanan terdiri dari 21 kasus Pidana Umum (Pidum) dan 43 orang merupakan tahanan kasus Narkoba.

Ada keunikan saat Vaksinasi para tahanan yang kenakan seragam orange itu, ada seseorang tahanan ketika akan di vaksin sangat ketakutan, yakni Mt 35 tersangka Narkoba, setelah dirayu dan arahan dari Iptu Musaneb (Kasi Tahti), Mt mau di vaksin sambil bersandar di dada Iptu Musaneb, vaksinasi itu sendiri berjalan sekitar 90 menit, dan usai jalani vaksin setiap tahanan mendapatkan suplemen kesehatan, juga teh hangat, untuk jaga stamina setelah vaksin. 

"Saya takut suntik Pak,sejak kecil gak pernah suntik, kalau sakit saya beli obatan di toko obat, semoga teman temanku sehat, terima kasih pak Kapolres dan pak polisi yang jaga, saya dan teman teman diberi suntikan (Vaksin) semoga keluarga saya dan keluarga teman teman (sesama tahanan) di rumah sehat semua." tutur Mt pada wartawan sambil memegang bahu kirinya. 

Sedang untuk tahanan yang ada di beberapa Polsek mendapat giliran Vaksinasi pada Sabtu ( 24/7) dengan sistem petugas Urdok Polres Blitar datangi Polsek.  Les





Berita Terkait