Rakernas PDIP, Bahas Kebijakan Pengentasan Kemiskinan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 06 Jun 2023 21:21 WIB

Rakernas PDIP, Bahas Kebijakan Pengentasan Kemiskinan

i

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bersama Presiden Joko Widodo di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP tahun 2023 di Sekolah Partai PDIP, Selasa (6/6/2023).

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2023. Rakernas ini digelar dengan mengusung tema 'Fakir Miskin dan Anak Terlantar Dipelihara oleh Negara'. Rakernas diselenggarakan di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Selasa (6/6/2023).

Presiden Joko Widodo, ikut hadir dan memberi pidato. Dengan mengenakan atasan kemeja batik hitam bernuansa merah,Jokowi di sambut Ganjar, Hasto, dan Prananda Prabowo.

Baca Juga: Demokrat Juluki PDIP Partai Sombong

Jokowi berharap PDIP menyiapkan rencana besar untuk menghadapi tantangan global. Apalagi jika PDIP menang Pemilu 2024.

 

Harapan Jokowi ke PDIP

"Saya kira tantangan-tantangan seperti itu harus kita ketahui bersama sehingga PDIP bisa mendesain sebuah rencana besar apabila nantinya ke depan diberikan kesempatan untuk mengelola negara ini," paparnya.

"Sehingga tayangan-tayangan yang tadi saya sampaikan paling tidak bisa dipersiapkan perencanaannya lebih dulu," sambung Jokowi.

Jokowi juga mengatakan ada kesempatan besar Indonesia masuk jajaran negara maju 13 tahun mendatang. Dia menekankan hal itu bisa terwujud jika perencanaan mulai dipersiapkan.

"Tentu saja lebih baik kalau perencanaan besarnya disiapkan dalam rakernas PDIP," ujar Jokowi.

Dalam Rakernas ini selain Jokowi, juga hadir sejumlah pejabat tinggi partai yakni Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Bacapres PDIP Ganjar Pranowo, dan Kepala Pusat Analisa dan Pengendali Situasi PDIP Prananda Prabowo.

Baca Juga: Rabu Pon Bagi Jokowi dan Orang Muslim

 

Strategi Pemenangan Pemilu

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan acara digelar secara tertutup. Dalam Rakernas ini akan dibahas hal-hal strategis terkait pemenangan pemilu.

"Kepada teman-teman media mohon maaf, acara Rakernas III bersifat tertutup. Rakernas akan membahas hal-hal strategis terkait Pemenangan Pemilu," kata Hasto dalam keterangannya, Selasa (6/6/2023).

Sebelumnya, Hasto mengatakan Jokowi akan menyampaikan arahan khusus berkaitan dengan kebijakan pemerintah dalam memerangi kemiskinan. Tapi dalam arahannya, Jokowi bakal arahan terkait Pemilu 2024 dan ekonomi global.

Baca Juga: Sidang Perdana Sengketa Pemilu, Rabu Pon

"Dalam Rakernas ini, Presiden Jokowi akan memberikan arahan khusus, hal-hal strategis terkait kebijakan pemerintah dalam memerangi kemiskinan serta arahan Beliau berkaitan dengan Pemilu 2024, mengingat Presiden Jokowi merupakan kader PDI Perjuangan," tutur Hasto.

 

Kebijakan Pengentasan Kemiskinan

Rakernas PDIP berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 6 hingga 8 Juni 2023. Acara ini juga diikuti oleh seluruh jajaran DPP Partai, ketua, sekretaris dan bendahara DPD PDIP seluruh Indonesia hingga kepala poksi dan pimpinan Komisi Fraksi PDIP DPR RI.

Selain itu, ada juga pemaparan soal kebijakan pengentasan kemiskinan yang dibawakan oleh kepala daerah yang merupakan kader PDIP yaitu Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim. n jk/erc/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU