Rayakan Imlek Lewat Visual Theme Table

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 14 Feb 2021 12:03 WIB

Rayakan Imlek Lewat Visual Theme Table

i

Imlek dirayakan secara sederhana dengan lewat Visual Theme Table. SP/ Mbi

SURABYAAPAGI.com, Surabaya - Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini, Imlek dirayakan secara sederhana dengan mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. Kelompok Studi Psikologi Bencana Universitas Surabaya (Ubaya) rayakan Tahun Baru Imlek 2021 melalui Visual Theme Table. Minggu (14/02/2021).

Atas dasar itu, mahasiswa dan dosen Fakultas Psikologi Ubaya yang tergabung dalam Kelompok Studi Psikologi Bencana berinisiatif membuat video ucapan selamat tahun baru Imlek kepada masyarakat Tionghoa yang merayakan. Video yang berisi nuansa perayaan Imlek dari hasil rancangan Visual Theme Table  ini dibagikan kepada sivitas akademika Ubaya, stakeholders maupun masyarakat ke berbagai platform media.

Baca Juga: Adventure Land Romokalisari Surabaya Ramai Peminat Wisatawan Luar Kota

Listyo Yuwanto, S.Psi., M.Psi., selaku Dosen Pendamping sekaligus Koordinator Kelompok Studi Psikologi Bencana Ubaya menyampaikan bahwa pembuatan Visual Theme Table tidak hanya untuk memeriahkan perayaan Imlek di tengah pandemi Covid-19. Tetapi juga ingin mengenalkan kepada masyarakat terutama generasi muda mengenai tradisi Tionghoa dalam merayakan Tahun Baru Imlek. Selain itu, melalui Visual Theme Table bertema Imlek ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan memperkuat kultur keberagaman di Indonesia.

“Perayaan Imlek tahun ini tidak bisa dilakukan seperti sebelumnya, tentu terasa berbeda akibat adanya wabah pandemi Covid-19. Namun, agar tidak mengurangi makna perayaan Imlek maka kami membuat perayaan Imlek secara visual melalui Imlek Theme Table,” ucap Listyo, sapaan akrab Dosen Fakultas Psikologi Ubaya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Gelar Halal Bihalal

Imlek Theme Table menampilkan tradisi Imlek dalam bentuk miniatur. Proses pembuatan Imlek Theme Table ini membutuhkan waktu selama kurang lebih satu bulan. Ada lima tema yang diusung dalam Imlek Theme Table hasil rancangan Kelompok Studi Psikologi Bencana Ubaya, yaitu Mudik Imlek, Makanan Khas Imlek, Festival Kampung Tionghoa, 12 Chinese Zodiak Signs, dan Pernak Pernik Imlek.

Setelah selesai merancang lima desain Imlek Theme Table, Kelompok Studi Psikologi Bencana Ubaya membuat sebuah video agar momen perayaan Imlek dapat dinikmati secara visual oleh masyarakat luas. Video tersebut diunggah dan dibagikan melalui media sosial seperti Instagram, WA group, Facebook, dan YouTube. Selain itu, Kelompok Studi Psikologi Bencana Ubaya juga membuat video edukasi tentang perayaan Imlek sesuai dengan protokol kesehatan.

Baca Juga: Dispendik Surabaya Pastikan Pramuka Tetap Berjalan

“Selamat tahun baru Imlek 2021. Gong Xi Fa Cai - Wan Se Ru Yi. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan perlindungan oleh Sang Pencipta. Semoga wabah pandemi Covid-19 segera berakhir dan semua sendi kehidupan bisa kembali pulih,” tutup Listyo, perancang Imlek Theme Table 2021. mbi

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU