Sandiaga Uno Dorong Animator di Surabaya Bawa Karyanya ke Kancah Internasional

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 16 Sep 2021 13:52 WIB

Sandiaga Uno Dorong Animator di Surabaya Bawa Karyanya ke Kancah Internasional

i

Sandiaga Uno bicara depan wartawan di Hotel Bumi Surabaya, Kami (16/9/2021).SP/GAWANG

SURABAYAPAGI, Surabaya - Sektor ekonomi kreatif menjadi target utama dalam pengembangan peningkatan kuelitas di Kota Surabaya, Jawa Tomur dalam Program Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia.

Menteri Pariwista dan Ekonomi Kreatif/Kepala Baparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, ekonomi kreatif tidak hanya tentang kerajinan tagan atau sejinisnya. Namun seperti yang disuabya kali ini pihaknya mengembangkan potensi di bidang film, animasi dan video. Pasalnya, ada beberapa karya anak-anak Surabaya juga sudah terbuti dan diakui oleh dunia serta hasilnya juga cukup baik. Hal ini juga dapat dilihat melalui geliat para sineas dan animator asal Surabaya yang berkiprah di kancah nasional maupun internasional.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Disnakertrans Jatim Buka 54 Posko Pengaduan THR

Diharapkan melalui kegiatan pada hari ini dapat meningkatkan motivasi, kreativitas dan prestasi dalam berkarya. Sehingga subsektor film, animasi dan video dapat menjadi lokomotif ekonomi kreatif Kota Surabaya yang mampu mendorong pembangunan daerah. Oleh karena itu, pihaknya mengajak seluruh pelaku ekonomi kreatif untuk tetap semangat dalam upaya melakukan pemulihan dan stabilisasi ekonomi dengan memaksimalkan penggunaan sarana prasarana dan juga teknologi informasi, sehingga tetap dapat menciptakan perubahan positif, serta menjadikan potensi wisata dan ekonomi kreatif harus jadi lokomotif penggerak perekonomian.

Baca Juga: Mengatasnamakan Media Nasional, Warga Lamongan Diperas Wartawan Gadungan

Sandi mengungkapkan, pengembangan KaTa Kreatif Indonesia ini dilakukan dengan kegiatan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan sebagai bentuk fasilitasi pengembangan potensi ekonomi kreatif di 25 Kabupaten/Kota. “Pengembangannya dari berbagai strategi, dan kita selalu melihat potensi di seiap kota/kabupaten,” katanya. Dia menegaskan, program Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia merupakan program yang dilaksanakan sejak tahun 2016 dan hingga saat ini terus dikembangkan oleh Kemenparekraf/Baparekraf.

Tahapan kegiatan dilakukan dimulai dari pemetaan dan pengusulan subsektor ekraf unggulan melalui kegiatan dengan Uji Petik terhadap 4 (empat) unsur/elemen Penilaian Mandiri Kabupaten Kota Kreatif Indonesia (PKM3I), yaitu: (1) 17 subsektor ekonomi kreatif; (2) kreator/pelaku ekraf (ABCG-M); (3) rantai nilai ekraf; dan (4) keterkaitan backward-forward linkage. Semua unsur PMK3I ini dapat didalami lebih lanjut melalui website https://kotakreatif.kemenparekraf.go.id.

Baca Juga: Unesa Terima 4.733 Camaba Lewat Jalur SNBP 2024

Kegiatan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan akan dilakukan secara langsung oleh berbagai pakar dalam workshop yang diharapkan dapat mengembangkan kualitas dari para pelaku ekraf di bidang yang sedang dikembangkan di Surabaya tersebut.sb1/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU