Siapkan PON XXI 2024, PSSI Jatim Seleksi 60 Pemain

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 05 Agu 2022 17:00 WIB

Siapkan PON XXI 2024, PSSI Jatim Seleksi 60 Pemain

i

Foto Ilustrasi

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Asosiasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Provinsi Jawa Timur tengah mempersiapkan  tim sepak bola terbaik yang akan bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh, Sumatera Utara. PSSI Jatim mulai bersiap untuk meraih prestasi lebih tinggi pasca keberhasilan meraih medali perunggu sebelumnya. 

Langkah awal yang dipersiapkan oleh PSSI  untuk meraih prestasi yang lebih tinggi yaitu seleksi pelatih dan pemain. Hingga saat ini sudah 60 pemain jebolan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jatim 2022 yang sudah dijaring oleh talent scouter.

Baca Juga: Menang Perdana, Bajul Ijo Catat Rekor Gol Tercepat

"Sumber pemain ini hasil Porprov, sudah kita kumpulkan di Malang. Nanti kita akan pilih 30 pemain dari 60 yang kita pastikan dinaungi klub yang bermain di Liga 3. Kemudian, kita pantau juga dari Piala Soeratin U-17," ungkap Project Officer tim sepak bola Jatim proyeksi PON XXI, Amir Burhanuddin saat memaparkan program Asprov PSSI Jatim, Jumat (5/08/2022).

PSSI menegaskan bahwa pemain yang sudah tersaring ini belum tentu pasti akan masuk skuad tim PON Jatim karena PSSI Jatim akan terus mencari pemain terbaik.

"Sebagai dasar seleksi pemain, selain hasil Porprov VII kemarin, tahun depan juga ada Porprov VIII. Karena itu masih terbuka peluang untuk masuk tim Jatim,” ujar Amir.

Tak hanya itu, Amir menambahkan jika saat ini Fakhri Husaini selaku Pelatih Persela Lamongan, Uston Nawawi selaku Asisten Pelatih Persebaya dan Joko Susilo selaku Direktur Teknis PSSI Jatim menjadi tiga nama kandidat pelatih yang telah disiapkan.

Baca Juga: Akhirnya Bajul Ijo Bisa Menang atas Klub Radja Nainggolan

"Maka, kita perlu ada penyegaran pelatih yang paham bisa membaca dan membuat strategi. Untuk itu, kita usulkan nama Fakhri Husaini, Joko Susilo dan Uston Nawawi," jelasnya.

Sementara waktu, Amir memasang target untuk dapat lolos Pra-PON dengan materi dan pelatih yang ada ini.

Irmantara Subagjo selaku Wakil Ketua KONI Jatim menuturkan bahwa ia akan mendukung apapun yang dapat menunjang prestasi Jatim.

Baca Juga: Saatnya Menang, Rek!

"Nama-nama ini akan kita terima dulu, selanjutnya akan ada seleksi pelatih. Tentunya yang terbaik akan kita pilih," pungkas Irmantara.

Ada beberapa syarat yang sudah ditetapkan oleh PSSI pusat untuk cabang olahraga sepakbola PON XXI/2024. Syarat tersebut diantaranya atlet maksimal kelahiran 1 Januari 2003 dan pemain amatir. Sehingga pemain Liga 1, Liga 2, dan EPA U-18 tidak boleh tampil karena sudah pemain profesional. sb

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU