Sineas Muda Tanah Air yang Salurkan Talenta Perfilman dari Hobi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 17 Mei 2021 11:11 WIB

Sineas Muda Tanah Air yang Salurkan Talenta Perfilman dari Hobi

i

Alan memberikan arahan kepada kru dalam proses produksi karya film. SP/ BLT

SURABAYAPAGI.com, Blitar - Alan Bintang Pancamukti yang merupakan sineas muda asal Kota Blitar yang telah beberapa kali ikut proyek film garapan sutradara kenamaan di Tanah Air. Ketertarikannya pada produksi karya film berawal ketika masih duduk di bangku SMA. Alan yang saat itu sangat suka menonton film. Bahkan, dalam sehari dia bisa maraton empat judul film sekaligus.

Kegemarannya dalam menonton film tersebut ia kembangkan hingga di bangku kuliah di Negeri Panzer, Jerman. Akan tetapi Alan justru mengaku sempat putus asa begitu kuliah di Jerman. Lantaran dia tidak mengambil jurusan dunia perfilman melainkan jurusan desain komunikasi visual (DKV).

Baca Juga: Harga Bawang Merah di Kota Blitar Meroket Pasca Lebaran

"Saya merasa tidak ada passion (minat, Red) di sana. Lalu, saat pulang ke Indonesia, saya menyadari kalau passion saya itu di dunia film. Patah hati lah ya. Makanya saya ingin bekerja sesuai hobi saja pas pulang pada 2017 lalu," ujarnya, Senin (17/5/2021).

Namun, Lambat laun, Alan mulai berani memproduksi film sendiri walaupun ia mengambil jurusan DKV. Hingga kini tak kurang dari lima judul film yang pernah disutradarai.

Sedangkan mengenai nominal atau budget pembuatan film, Alan mengaku enggan membeberkannya. Pasalnya, dia menilai jika film hanya perlu dinikmati tanpa harus memikirkan soal budget.

Baca Juga: Kandang Ayam Ludes Terbakar, Rugi Ratusan Juta Rupiah

"Karena ini film independen. Jadi tujuannya bukan hanya soal uang. Ya yang penting ada pesan di dalam film yang bisa disampaikan kepada penonton," bebernya.

Alan mengaku, ada sejumlah kendala yang dihadapi selama memimpin sebuah proyek film. Yaitu sempat mengalami depresi pascaproduksi karena adanya tuntutan untuk membuat film yang sempurna untuk disajikan.

"Kadang ada depresi post-production karena harus melihat gambar yang sama berulang-ulang. Itu karena kita mengincar kesempurnaan. Ya intinya ada pergolakan lagi secara pribadi," ungkapnya.

Baca Juga: 2 Rumah di Blitar Dibobol Maling saat Ditinggal Mudik, Pelaku Terekam CCTV

Dan berkat ketekunan dan keahliannya dibidang perfilman tersebut, bahkan Alan sempat ditawari untuk bergabung ke sebuah proyek film yang disutradarai oleh sineas kenamaan Indonesia, yakni Hanung Bramantyo. Dalam proyek tersebut dia dipercaya sebagai tim artistik. Namun, dia mengaku enggan membeberkan lebih lanjut perihal film yang masih dalam tahap produksi ini.

"Iya. Saya ikut jadi tim artistik di film Hanung Bramantyo. Pokoknya itu film soal superhero. Kalau film superhero kan produksinya butuh waktu lama karena banyak efek yang harus ditampilkan. Tapi itu nanti akan dirilis lah," katanya. Dsy6

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU