Stok Beras Bulog per Awal Juni 2021 Capai 1,4 Juta Ton

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 04 Jun 2021 13:29 WIB

Stok Beras Bulog per Awal Juni 2021 Capai 1,4 Juta Ton

i

Stok beras hingga awal Juni 2021 mencapai 1,4 juta ton. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Saat ini, stok beras hingga awal Juni 2021 sudah mencapai 1,4 juta ton. Stok tersebut masih terjaga dalam batas yang ditetapkan pemerintah agar menjaga pasokan pada kisaran 1 juta -1,5 juta ton.

Bulog sebagai operator atau pelaksana penugasan pemerintah berfokus pada penjagaan stok beras, namun Bulog tidak memiliki wewenang soal penentuan kebijakan perberasan karena hanya bertindak sebagai pelaksana kebijakan. "Realisasi penyerapan atau pengadaan 709.691 ton setara beras, kita sebagai pelaksana harus menjaga stok," kata Sekretaris Perusahaan Bulog, Awaluddin Iqbal.

Baca Juga: Penuhi Pasokan CBP, 27 Ribu Ton Beras Impor Vietnam Siap Didistribusikan

Hingga saat ini belum ada instruksi lebih lanjut dari pemerintah mengenai kemungkinan impor beras. Sebab, hal itu tentu harus dibahas melalui mekanisme rapat koordinasi terbatas di level Kemenko Perekonomian.

Baca Juga: Ngabuburit di 'Kebon Ramadhan' KBS: Berburu Jajanan Takjil hingga Sembako BULOG

"Kita tidak dalam posisi untuk kebijakan (menentukan impor) karena kita hanya sebagai pelaksana. Tugas kita melakukan penyediaan komoditas pangan terutama dari pengadaan dalam negeri," kata Awaluddin, Jumat (4/6/2021).

Baca Juga: Pasar Malem Tjap Toendjoengan Jadi Penggerak Ekonomi Lokal

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memastikan pemerintah tidak akan mengimpor beras hingga Juni 2021. Pernyataan tersebut disampaikan usai terjadi polemik pada Maret lalu mengenai rencana pemerintah untuk mengimpor beras sebanyak 1 juta ton. Dsy12

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU