Thailand Dibonus Rp 19, 7 miliar, Timnas Dipuji Jokowi

02 Januari 2022 : 20:51:54

Timnas Thailand merayakan gelar Piala AFF 2020 di Stadion Nasional Singapura pada Sabtu (1/1/2022) malam WIB.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Usai menang, Thailand yang berhasil menjadi juara Piala AFF 2020 usai menumbangkan Indonesia di final dengan Usai mendapat guyuran bonus mencapai Rp 19, 7 miliar.

Untuk hadiah resmi dari Piala AFF, Chanathip Songkrasin dan kolega berhak mengantongi USD 300 ribu (10 juta baht) atau setara dengan Rp 4,3 miliar.

Sebelumnya, 'Gajah Perang' sudah mendapat suntikan 10 juta baht (Rp 4,3 miliar) jelang laga final kontra Indonesia. Itu mereka dapat dari Presiden Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT), Somyot Phumphanmuang.

Tim juga diberi hadiah total 26 juta baht (sekitar Rp 11,1 miliar) dari manajer mereka, Nualphan Lamsam atau yang akrab disapa Madam Pang.

Jika ditotal, bonus yang didapatkan oleh Thailand sejauh ini menyentuh angka 46 juta baht atau setara Rp 19,7 miliar. Bukan tidak mungkin angka itu akan bertambah di kemudian hari.

Berbicara soal bonus, Thailand memang sudah dibanjiri banyak bonus sebelum resmi menyabet trofi Piala AFF keenam pada awal 2022 ini. Itu datang dari manajer mereka, Madam Pang, yang bagi-bagi barang mewah jelang laga semifinal kontra Vietnam.

Madam Pang saat itu mengguyur skuad Thailand dengan berbagai barang-barang mewah, seperti Iphone 13, jam tangan Rolex, hingga barang bermerek Hermes.

Indonesia sebagai finalis atau runner up bakal membawa pulang USD 100 ribu atau sekitar Rp 1,43 miliar.

Timnas Indonesia Minggu kemarin kembali ke Tanah Air usai berjuang di laga Piala AFF 2020.

 

 

 

Jokowi Apresiasi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi salah satu pihak yang turut memberi apresiasi.

Menurutnya, para pemain berjuang dengan gigih selama berlaga di ajang dua tahunan tersebut.

Presiden Jokowi mengaku bangga dengan jerih payah yang dilakukan anak asuh Shin Tae-yong tersebut.

"Selamat kepada Thailand yang tampil menjadi juara Piala AFF 2020 malam ini," tulis Presiden Jokowi di akun Instagramnya.

“Bagi Timnas Indonesia, kalian sudah berjuang dengan gigih dan sportif."

"Meski belum juara, saya dan seluruh rakyat Indonesia tetap bangga atas perjuangan Anda semua," sambungnya.

 

 

 

Semangat Juang Tinggi

Sementara Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryopratomo, menyampaikan terima kasih atas perjuangan yang telah diperlihatkan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan.

“Kalian telah menunjukkan semangat juang yang luar biasa dan memberikan kebanggaan kepada seluruh rakyat Indonesia. Meski belum meraih juara, tetapi kalian menyatukan seluruh bangsa dan membangun harapan bagi prestasi sepak bola yang lebih baik,” kata Dubes Tommy saat melepas kepulangan tim di Hotel Orchard, Singapura, Minggu (2/1/2022).

Seluruh pemain kata Tommy, diharapkan tekun berlatih dan memacu diri meraih prestasi tertinggi.

“Perjalanan kalian masih panjang. Elkan Baggott, Alfeandra Dewangga, Witan Sulaiman, Pratama Arhan, Ramai Rumakiek, dan yang lainnya masih punya waktu enam sampai sepuluh tahun untuk meraih prestasi lebih tinggi lagi,” kata Dubes Tommy. n rtr, Er, jk



Berita Terkait