Tingkatkan Kinerja, Kemahasiswaan Untag Surabaya Raih Peringkat 28 Nasional

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 15 Des 2021 19:50 WIB

Tingkatkan Kinerja, Kemahasiswaan Untag Surabaya Raih Peringkat 28 Nasional

i

Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya berada pada peringkat ke-28 nasional dalam pemeringkatan bidang kemahasiswaan perguruan tinggi pada Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (Simkatmawa) tahun 2021. Peringkat tersebut naik lima peringkat dari tahun sebelumnya. Saat ditemui di kantornya, Kamis, (9/12) Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) Untag Surabaya – Kusnan, S.AP., M.KP. mengaku bersyukur dengan meningkatnya peringkat tersebut, “Mendapat prestasi ini tentunya senang dan bangga meskipun mempertahankan tentunya butuh perjuangan,".

Simkatmawa merupakan evaluasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam bentuk penilaian kinerja dan pemeringkatan bidang kemahasiswaan. Evaluasi ini bertujuan mendorong perguruan tinggi untuk meningkatkan kepedulian pada kegiatan kemahasiswaan baik secara kelembagaan maupun prestasi mahasiswa. Kusnan menyebutkan beberapa penilaian evaluasi, “Yang dinilai adalah manajemen institusi, kegiatan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), prestasi kegiatan kemahasiswaan mandiri serta prestasi kegiatan kemahasiswaan yang diadakan Kemendikbudristek,".

Baca Juga: Adventure Land Romokalisari Surabaya Ramai Peminat Wisatawan Luar Kota

Dari keempat penilaian tersebut, sebut Kusnan, keunggulan Untag Surabaya berada pada prestasi kegiatan kemahasiswaan mandiri, “Ini keunggulan kita sejak dulu karena mahasiswa banyak berkompetisi secara mandiri mulai tingkat provinsi, nasional hingga internasional. Bahkan ada yang meraih medali perunggu saat SEA Games dulu.” Meski demikian, dia mengaku selama pandemi COVID-19 pihaknya mengalami tantangan, “Selama pandemi harus diakui prestasi mandiri non- Kemendikbudristek berkurang, kan kompetisinya berkurang. Kalaupun ada banyak yang pending,".

Keunggulan tersebut tidak lantas membuat Kusnan dan tim BKA Untag Surabaya berpuas. “Ke depan kami ingin capaian ini seimbang antara prestasi mandiri dan prestasi Kemendikbudristek,” kata Kusnan.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Gelar Halal Bihalal

Dosen Prodi Administrasi Publik ini juga berharap bisa meningkatkan prestasi akademik, “Selama ini kan banyaknya non-akademik. Kami berencana menggandeng Himpunan Mahasiswa Prodi karena fokus mereka di keilmuan.” Lebih lanjut, pihaknya akan menyediakan dosen pendamping bagi kegiatan akademik.

Kusnan menuturkan, target kinerja kemahasiswaan terus meningkat setiap tahunnya. Oleh karena itu BKA Untag Surabaya terus mendorong capaian mahasiswa dengan rutin melakukan sosialisasi serta berupaya melakukan seleksi internal. “Ada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Disaring dulu di tingkat universitas agr mereka siap saat berkompetisi,” papar Kusnan. Terbukti, mahasiswa Untag Surabaya meraih Juara 1 untuk Kategori Umum, Jasa dan Perdagangan dalam Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XII 2021 pada November lalu.

Baca Juga: Dispendik Surabaya Pastikan Pramuka Tetap Berjalan

“Harapan kami ya semua aktivitas bisa berjalan dengan baik dan target tercapai,” kata Kusnan. Sinergi, sebutnya, menjadi aspek penting dalam mencapai target kinerja kemahasiswaan, “Tanpa kerjasama mahasiswa khususnya yang tergabung dalam UKM, BEM, DPM dan himpunan; maka tidak akan tercapai.” Melalui kegiatan dan prestasi kemahasiswaan, Kusnan juga berharap dapat membekali soft skill bagi mahasiswa. “Akademik dan soft skill harus seimbang bagi mahasiswa,” tutupnya. mbi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU