Tinjau Pelaksanaan Porprov, DPRD Jatim: Anggaran Dana Minimalis Pecah Rekor

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 14 Sep 2023 20:41 WIB

Tinjau Pelaksanaan Porprov, DPRD Jatim: Anggaran Dana Minimalis Pecah Rekor

i

Anggota DPRD Jawa Timur Komisi E Kodrat Sunyoto mengaku bangga atas terselenggaranya Porprov kali ini. Meski anggarannya cukup minimalis. SP/Tim Humas Koni

 
SURABAYAPAGI, Surabaya - Lakukan peninjauan langsung Pekan Olaharaga Provinsi (Proprov) VIII 2023 Jatim di Sidoarjo, Anggota Komisi E DPRD Jawa Timur, Kodrat Sunyoto, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. 
 
Kondrat yang juga menyaksikan pertandingan Anggar yang berlangsung di Gedung Tenis Indoor GOR Sidoarjo, Kamis (14/9/2023) itu mengaku bangga atas terselenggaranya event olahraga tersebut.
 
"Dalam kunjungan saya ini, hearing ingin tahu persis kondisi di lapangan termasuk venue yang dilombakan," kata Kondrat, yang diterima oleh Surabaya Pagi, Kamis, (14/9/2023).
 
Tak hanya menyaksikan pertandingan berlangsung, ia juga berinteraksi dengan sejumlah panitia pelaksana kegiatan terkait pertandingan hingga sarana prasarana yang digunakan. 
 
Pada kesempatan tersebut, ia mengaku bangga atas prestasi Jatim yang mampu menggelar acara spektakuler, tapi dengan anggaran dana yang cukup minimalis.
 
"Saya selaku Komisi E merasa bangga dengan Porprov VIII ini, dengan anggaran minimalis tapi pecah rekor," ujarnya.
 
Kendati demikian, Kondrat meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim, untuk tidak menyamaratakan anggaran tahun ini atau menurunkan pada tahun berikutnya. 
 
"Tolong ini jangan dijadikan acuan bahwa dengan anggaran minim bisa sukses menyelenggarakan Porprov. Tidak seperti itu," pinta Kondrat.
 
"Ini sudah termasuk minimalis anggarannya, dibandingkan dari penyelenggaraan Porprov di Lamongan, Jember hingga di Sidoarjo," sambungnya.
 
Masih menurut Kodrat, idealnya porprov membutuh anggaran sekitar Rp 20-25 miliar. Terlebih, jumlah cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan cukup banyak. 
 
"Ke depan, pasti lebih banyak lagi cabor yang dipertandingkan. Sehingga, anggaran yang dibutuhkan besar pula," papar Kondrat.
 
Ia berharap untuk Porprov berikutnya harus lebih banyak cabor yang dipertandingkan. Tapi, tetap harus berprestasi. 
 
Sementara itu, menurutnya, dengan ajang Porprov ini pembinaan olahraga di Jatim semakin hidup. Selain itu, dari keterlibatan Porprov ini kemampuan atlet samakin terasah.
 
Serta mampu meningkatkan sektor ekonomi dan pariwisata pada tuan rumah penyelenggara. 
 
"Kalau saya lihat fasilitasnya sesuai harapan, venue pertandingan juga sudah bagus. Lalu ada daya tarik tersendiri pariwisata ekonomi di wilayah tuan rumah ternyata yang disampaikan saat hearing sudah sesuai harapan," ungkap Kondrat. 
 
Adapun demikian, Kondrat berharap Pemprov Jatim memberikan atensi dengan menambah anggaran pembinaan atlet sehingga proses pembinaan makin maksimal. 
 
Sementara itu, pada kesempatan yang Ketua KONI Jatim M Nabil mengaku sangat bangga melihat hasil sementara yang sudah ditorehkan para atlet dan disambut luar biasa oleh masyarakat di empat tuan rumah.
 
Hal  tersebut terbukti banyaknya penonton di tiap cabor dan perputaran ekonomi yang besar.
 
"Ini sudah lumayan bagus, ada kejutan luar biasa, ada peningkatan prestasi. Rekor atlet semakin banyak, ada peningkatan prestasi padahal hanya satu tahun persiapan," pungkas Nabil.ain/ana

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU