Tri Tito Karnavian Imbau Orang Tua Awasi Penggunaan Gadget Anak - Anak

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 24 Jul 2022 14:11 WIB

Tri Tito Karnavian Imbau Orang Tua Awasi Penggunaan Gadget Anak - Anak

i

Ketum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian. Foto : Kemendagri

SURABAYAPAGI.COM - Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Tri Tito Karnavian mengimbau orang tua mengawasi penggunaan gadget pada anak. Sebab menurutnya, kecanggihan teknologi yang dibawa gadget turut berpotensi menimbulkan dampak negatif terhadap perkembangan si anak.

"Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak harus mengawasi mereka, memberikan atensi yang luar biasa agar mereka menjadi generasi muda yang bisa kita andalkan di masa depan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/7/2022).

Baca Juga: Pelaksanaan Operasi Pasar Murah Dinilai Tak Efektif dan Bersifat Temporer

Imbauan tersebut disampaikan Tri saat mengunjungi Kampung Ulos, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (22/7/2022). Ia menuturkan orang-orang saat ini dapat dengan mudah mengakses informasi yang dibutuhkan selama terkoneksi dengan internet. Namun, arus informasi yang begitu deras dapat membuat seseorang dengan mudah mengakses konten sensitif dan negatif.

Baca Juga: Kemendag Tunda Kenaikan HET Minyakita hingga Lebaran 2024, Masih Rp 14 Ribu per Liter

Tri mengingatkan gadget turut berperan sebagai salah satu media hiburan bagi anak yang menyediakan permainan atau game. Konsumsi hiburan ini, terang Tri, perlu mendapat pengawasan dari orang tua. Tri Tito juga menambahkan bahwa orangtua perlu mengawasi setiap game yang diakses oleh anak saat menggunakan gadget. Pasalnya, banyak mobile game tidak cocok dimainkan oleh anak-anak.

"Hal penting yang perlu dilakukan saat ini adalah mempersiapkan mereka agar memiliki karakter yang kuat sehingga mampu menggunakan teknologi sebagaimana mestinya. Jangan sampai mereka sudah diberikan handphone (HP), tetapi hanya untuk main game yang berpotensi merusak otak. Ibu-Ibu harus tahu juga game itu banyak juga yang dibikin tidak baik untuk anak-anak, pornografi itu banyak sekali melalui game," tuturnya.

Baca Juga: Kemendag Dihimbau Tak Gegabah Terbitkan Izin Impor Sapi, Berakibat Harga Anjlok

Selain itu,lanjut Tri, orangtua wajib membekali anak dengan nilai dan karakter positif perlu sebagai salah satu upaya menyiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul di masa depan. “Dengan fisik yang sehat, pendidikan memadai, serta karakter unggul, anak-anak Indonesia diharapkan dapat tumbuh cemerlang dan berdaya saing di masa depan,” kata Tri. by

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU