Untag Siapkan Wisudawan Hadapi Revolusi Industri

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 02 Mar 2021 15:58 WIB

Untag Siapkan Wisudawan Hadapi Revolusi Industri

i

Counselling and Career Center Biro Kemahasiswaan dan Alumni Untag Surabaya menggelar webinar bertema ‘Industrial Insight: Millenial, What Does the Industry Need?’. SP/ Mbi

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Dikala pandemi, tantangan serta persaingan dalam dunia kerja dan industri semakin dinamis. Karena hal itu, Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya tak henti menyiapkan para lulusan yang kompeten dengan masa tunggu kerja pendek, Selasa (02/03/2021).

Bagian Counselling and Career Center Biro Kemahasiswaan dan Alumni Untag Surabaya menggelar webinar bertema ‘Industrial Insight: Millenial, What Does the Industry Need?’. Rangkaian Pekan Karir Mahasiswa tersebut menghadirkan peserta para calon wisudawan pada Maret mendatang.

Baca Juga: Manfaatkan Aset, Pemkot Surabaya Bangun 8 Lokasi Wisata Rakyat 

Tampil sebagai pemateri pertama, Diah Ikawati, SE.,  menyebutkan bahwa dimasa kini, kaum milenial cenderung adaptif. “Karena mereka berpikiran terbuka dan mengabaikan perbedaan budaya. Milenial juga terbuka pada perkembangan teknologi.”

Diah Ikawati menilai, skill merupakan bagian penting dalam bekerja, karena hal tersebut tidak bisa didapatkan secara instan. “Apalagi di dunia perhotelan, skill terbentuk misalnya karena adanya komplain, kita bisa belajar," kata Diah.

Baca Juga: Dampingi Siswa Inklusi, Guru di Surabaya Diberi Pembekalan

Inisiatif dan kemauan bekerjasama menjadi skill yang tak kalah penting. “Keluarkan semua kemampuan kalian, yang dibutuhkan industri adalah pekerja tangguh dan adaptif,” ujar HR Manager Pesonna Hotel Ampel Surabaya itu.

Pada kesempatan yang sama, pemateri kedua yakni Doni Tri Prasetya, S.Psi., memberikan motivasi pada para peserta agar senantiasa meningkatkan kemampuan diri. “Kita menghadapi bonus demografi, maka harus dimanfaatkan untuk menambah kompetensi agar bisa produktif demi Indonesia maju. Apalagi Revolusi Industri membawa tantangan yang lebih besar,” paparnya.

Baca Juga: Oknum Polisi di Surabaya Cabuli Anak Tirinya Sejak SD Selama 4 Tahun, Korban Trauma Berat

Kegiatan kemahasiswaan, tambah HRD PT. Barata Indonesia Persero ini, dibutuhkan karena bisa meningkatkan soft skill mahasiswa. “Track record calon karyawan itu penting. Begitu pun kompetensi pelamar dan portofolio. Jadi buatlah kesan pertama yang baik, karena akan terkenang selamanya,” imbuhnya.

Selanjutnya, Kepala Bagian Counselling and Career Center Untag Surabaya, Rahma Kusumandari, S.Psi., M.Psi., Psikolog, berharap, “Semoga dapat memacu semangat para calon wisudawan yang akan segera memasuki dunia kerja. Karena itu, C&CC terus berupaya untuk melakukan kolaborasi dan kerjasama untuk menyiapkan para lulusan agar memiliki masa tunggu kerja yang relatif pendek," tutupnya. mbi

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU