Untag Surabaya Terus Asah Kreatifitas dengan PKM

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 24 Feb 2021 14:37 WIB

Untag Surabaya Terus Asah Kreatifitas dengan PKM

i

Biro Kemahasiswaan dan Alumni Untag Surabaya menggelar Workshop Pekan Kreativitas Mahasiswa secara virtual. SP/ MBI

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya terus tingkatkan prestasi dan kreativitas mahasiswa. Sebelumnya, Kampus Merah Putih itu meloloskan 5 tim dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 2020 dengan 1 tim sebagai Juara Favorit PKM Bidang Teknologi. Kamis (24/02/2021).

Dalam rangka mengawali upaya ini, Biro Kemahasiswaan dan Alumni Untag Surabaya menggelar Workshop Pekan Kreativitas Mahasiswa. Workshop yang digelar secara virtual ini dihadiri oleh mahasiswa, dosen dan Ketua Program Studi.

Baca Juga: Imigrasi I Surabaya Berhasil Terbitkan Hampir 10 Ribu Paspor

Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni, Eddy Wahyudi, S.H, M.Si.,mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya mendampingi mahasiswa dalam seluruh rangkaian PKM. “Mulai tahap persiapan, seleksi internal fakultas dan universitas, hingga tahap unggah PKM,” ujarnya.

Meski masa bimbingan PKM di era pandemi menghadapi beragam kesulitan, namun tidak menghalangi capaian semangat para mahasiswa. Hal itu dapat dibuktikan dengan antusiasme dan keberhasilan 296 Proposal PKM yang telah terseleksi dari 350 proposal yang terkumpul di tingkat Universitas.

Dalam sambutannya, Rektor Untag Surabaya, Dr. Mulyanto Nugroho, MM, CMA, CPA., menghimbau para mahasiswa dan dosen pembimbing untuk bersinergi meningkatkan kualitas PKM. Dirinya berharap, workshop yang telah digelar dapat meningkatkan jumlah PKM yang lolos ke tahap PIMNAS.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Usulkan SERR ke Pusat

Dengan bersinergi, harapannya, yang lolos PKM bisa lebih banyak lagi. Wakil Rektor 3, Dr. Muaffaq A. Jani, M.Eng., yang turut hadir dalam workshop, mengatakan bahwa Untag Surabaya turut memberikan apreasiasi pada mahasiswa yang aktif dalam PKM.

Menjadi narasumber dalam Workshop PKM, Dr. Med. dr. Indwiani Astuti merupakan Koordinator PKM 2020-2021 dan telah berkecimpung sebagai reviewer PKM sejak tahun 2005. Wanita yang akrab disapa Ani itu memaparkan bahwa mahasiswa peserta PKM menjadi lulusan dengan upah dan pekerjaan yang layak.

“Ini untuk masa depan, mahasiswa perlu ditempa dan dididik agar bisa menjadi SDM yang berkualitas dan berdaya saing di era global," tutur Ani.

Baca Juga: Tingkatkan Kepuasan Masyarakat, Satpas SIM Colombo Gaungkan Pelayanan Prima dan Transparansi

Disamping itu, Direktur Belmawa Ditjen Dikti Kemendikbud RI ini juga menyebutkan bahwa PKM merupakan implementasi dari Merdeka Belajar, “Tidak ada batasan topik, jadi mahasiswa bebas berkreasi," ujarnya.

Meski pandemi COVID-19 banyak menghambat, proses pelaksanaan PKM dapat dilakukan secara blended, yakni dengan menggunakan platform daring untuk diskusi dan implementasi program secara luring dengan protokol kesehatan yang ketat. Kepada para peserta dirinya berpesan, “Teruslah belajar dan kreatif. Dalam menyusun PKM, jangan sampai salah kamar dan memilih jenis PKM. Jangan pula sampai ada pengulangan topik, tingkatkan kreativitas," tutup Ani. mbi

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU