Untag Surabaya Tuan Rumah EJU 2021

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 16 Nov 2021 16:13 WIB

Untag Surabaya Tuan Rumah EJU 2021

i

Untag Surabaya sebagai tuan rumah acara Examination for Japanese University (EJU). SP/MBI

SURABAYAPAGI, Surabaya - Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya kembali dipercaya menjadi salah satu tuan rumah Examination for Japanese University (EJU). Acara yang diselenggarakan oleh Japan Student Service Organization (JASSO) tersebut bersinergi dengan International Multicultural (I’Mc) Center Surabaya, Selasa (16/11/2021).

 Gelaran acara yang berlangsung di Gedung Graha Prof Dr. H. Roeslan Abdulgani lantai 3 Untag Surabaya tersebut dibuka oleh Konsul Muda Jepang-Tsumura Moe dan didampingi oleh Kepala Program Studi (Kaprodi) Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Untag Surabaya, Dra. Endang Poerbowati, M.Pd. Kegiatan uji terlaksana serentak pada Minggu (14/11) di dua tempat, yakni Universitas Indonesia untuk Indonesia bagian Barat dan Untag Surabaya untuk Indonesia bagian Timur.

Baca Juga: Empat Kampus di Surabaya, ikut Bergolak

 Terpilihnya Untag Surabaya sebagai tuan rumah merupakan wujud terjalinnya kerjasama yang baik antara Prodi Sastra Jepang dengan Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Surabaya. Untag Surabaya mampu memenuhi harapan dari Pemerintah Jepang untuk bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada peserta uji.

 “Untag Surabaya sudah dipercaya memiliki ruangan yang sesuai dengan persyaratan dari prokes yang diminta oleh Pemerintah Jepang, sebagaimana kita tahu Pemerintah Jepang sangat detail dan memperhatikan sekali tentang keamanan serta kenyamanan dari peserta,” kata Endang.

Baca Juga: Untag Surabaya: Tolak Politik Dinasti dan Intimidasi

 Untag Surabaya menyediakan sebanyak empat kelas untuk mengakomodir 60 peserta tes yang hadir. Untag Surabaya juga telah menyiapkan screening awal dengan aplikasi PeduliLindungi, kemudian dilanjutkan dengan cek suhu, serta diberlakukannya pembatasan di setiap ruang yang hanya diisi maksimal 50% dari kapasitas ruang.

 Selanjutnya, seluruh peserta wajib menggunakan masker dan mencuci tangan. Upaya ini dilakukan sebagai komitmen Prodi Sastra Jepang dalam menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh Pemerintah Jepang. Selain itu juga memberikan rasa aman dan motivasi kepada peserta untuk tetap semangat meraih mimpi di tengah situasi pandemi.

Baca Juga: Hadiri Gebyar Produk KKN, Bupati Ikfina Apresiasi Mahasiswa Untag

 Konsul muda Jepang, Tsumura Moe menuturkan, bahwa Konjen Jepang sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Untag Surabaya yang sudah bekerjasama untuk pelaksanaan EJU.

“Kami sangat berterimakasih kepada Untag Surabaya yang sudah bekerjasama dalam pelaksanaan Eju pada hari ini, dengan tetap dilaksanakannya tes EJU di tengah pandemi menjadi sebuah motivasi bagi seluruh peserta yang sempat tertunda untuk menempuh pendidikan di Jepang.” tutur Tsumura. mbi

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU